PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi PTK pada Kelas VB SDN Jatirangga II Mata Pelajaran IPA)

MUHAMMAD RIDWAN AGUNG ARUZI, RIDWAN AGUNG (2025) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi PTK pada Kelas VB SDN Jatirangga II Mata Pelajaran IPA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SD Negeri Jatirangga II Kota Bekasi yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berasal dari kuesioner, observasi tindakan guru dan peserta didik. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA mencapai ≥ 70 yaitu 56,66%. dengan 30 peserta didik. Pada siklus II menunjukan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA mencapai meningkat sebanyak 30% dan persentase berubah menjadi hasil kuesioner peserta didik yang memperoleh ≥ 70 yaitu 86,66% dari 30 peserta didik. Hasil instrumen pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan aktivitas peserta didik memperoleh persentase 68,75%. Hasil instrumen pemantau tindakan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik meningkat pada siklus II. Aktivitas guru mencapai persentase sebesar 88,75% dan aktivitas peserta didik mencapai 86,25%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VB di SD Negeri Jatirangga II Kota Bekasi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. ***** This Classroom Action Research (CAR) aims to improve critical thinking skills through the Problem Based Learning (PBL) model in Class VB of SD Negeri Jatirangga II Kota Bekas which consists of 30 students. This study uses the Kemmis and Mc Taggart model with 4 steps, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques come from questionnaires, observations of teacher and student actions. Data analysis techniques use classroom action research. The results of the study in cycle I showed that student learning outcomes in science subjects reached ≥ 70, namely 56.66%. with a total of 30 students. In cycle II, student learning outcomes in science subjects increased by 30% and the percentage changed to student questionnaire results that obtained ≥ 70, namely 86.66% of 30 students. The results of the teacher activity monitoring instrument in cycle I obtained a percentage of 70% and student activity obtained a percentage of 68.75%. The results of the teacher activity monitoring instrument and student activity increased in cycle II. Teacher activity reached 88.75% and student activity reached 86.25%. From these data, it can be concluded that the use of the Problem Based Learning (PBL) model can improve the critical thinking skills of class VB students of SD Negeri Jatirangga II Kota Bekas in the subject of Natural Sciences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M. Kurnianti, M. Ed.; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Ridwan Agung Aruzi .
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:11
Last Modified: 07 Oct 2025 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62635

Actions (login required)

View Item View Item