ADYSKA NUROCHMA SHABILLA, . (2025) PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN STEM BERBASIS CODING (STUDI KASUS DI LEMBAGA KODING NEXT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (182kB) |
|
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (115kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembentukan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini dalam pembelajaran STEM berbasis coding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM berbasis coding dapat mendukung pembentukan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini. Pembentukan kemampuan berpikir kreatif anak dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran yakni Designing coding based on animation & games, proses interaksi guru dan anak, serta penggunaan coding sebagai alat pembentukan kemampuan berpikir kreatif anak. Pembelajaran STEM berbasis coding yang dilaksanakan di lembaga Koding Next dalam program LK 6-8 tahun terutama pada kelas Games & Apps berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan kemampuan berpikir kreatif melalui berbagai aspek. Penelitian ini berguna untuk memberikan pemahaman mengenai pembelajaran STEM berbasis coding yang dapat mendukung kemampuan berpikir kreatif pada anak usia dini. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Pembelajaran STEM, Koding, AUD/***** This study aims to explore the development of creative thinking skills in early childhood through coding-based STEM education. The research followed a qualitative research type of case study. The data were collected through observations, interviews, and document analysis. The data analysis involved stages of data reduction, data display, and data verification or conclusion drawing. The results of the research indicate that coding-based STEM learning effectively supports the cultivation of creative thinking abilities in young children. The development of these skills is influenced by specific learning activities, including coding design focused on animations and games, the interactive dynamics between teachers and children, and the use of coding as a pedagogical tool to foster creativity. Specifically, the STEM coding program implemented at the Koding Next Institution for children aged 6 to 8 years, particularly in the Games & Apps class, significantly contributes to enhancing creative thinking across multiple dimensions. Overall, this research contributes to understanding how coding-based STEM education can be strategically leveraged to nurture creative thinking in early childhood, with implications for curriculum design and pedagogical practice. Keywords : Creative Thinking, STEM Learning, Coding, Early Childhood
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Ade Dwi Utami, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. ; 2). Dr. Nurjannah, S.Pd.,M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
| Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | Adyska Nurochma Shabilla . |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:14 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
