Susan Febriantina, . (2025) PERILAKU KERJA INOVATIF DOSEN PTN DI LLDIKTI WILAYAH III JAKARTA: PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPERCAYAAN INTERPERSONAL DAN BERBAGI PENGETAHUAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian kuantitatif dan deskriptif ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepercayaan interpersonal terhadap perilaku kerja inovatif dosen PTN di LLDIKTI Wilayah III Jakarta, baik secara langsung maupun melalui mediasi berbagi pengetahuan, untuk menemukan kerangka konseptual dan empirik perilaku inovatif di kalangan dosen. Hipotesis diuji menggunakan data empirik dari kuesioner 343 responden, diambil melalui teknik probability sampling dari populasi 1.664 orang dosen, dan dianalisis dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) melalui software PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan kepercayaan interpersonal tidak berpengaruh positif langsung terhadap perilaku kerja inovatif. Berbagi pengetahuan ditemukan berperan ganda sebagai mediator dan moderator dalam hubungan antara kepemimpinan dan kepercayaan terhadap inovasi, yang berarti berbagi pengetahuan tidak hanya menjembatani tetapi juga memperkuat pengaruh keduanya terhadap perilaku kerja inovatif, menjadikannya elemen kunci dalam keberhasilan inovasi akademik. Novelty penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan dan kepercayaan saja belum cukup kuat, sehingga berbagi pengetahuan menjadi mediasi dan moderasi yang memperkuat pengaruhnya terhadap perilaku inovatif dosen.***** This quantitative and descriptive research aims to analyze the influence of transformational leadership and interpersonal trust on the innovative work behavior of lecturers at State Universities in LLDIKTI Region III Jakarta, both directly and through knowledge sharing mediation, to find a conceptual and empirical framework of innovative behavior among lecturers. The hypothesis is tested using empirical data from a questionnaire of 343 respondents, taken through probability sampling techniques from a population of 1,664 lecturers, and analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method through PLS software. The results of this study indicate that transformational leadership and interpersonal trust do not have a direct positive effect on innovative work behavior. Knowledge sharing was found to play a dual role as a mediator and moderator in the relationship between leadership and trust on innovation, meaning that knowledge sharing not only bridges but also strengthens the influence of both on innovative work behavior, making it a key element in the success of academic innovation. The novelty of this study is that leadership and trust alone are not strong enough, so that knowledge sharing becomes a mediator and moderator that strengthens its influence on lecturers' innovative behavior.
| Item Type: | Thesis (Doktor) |
|---|---|
| Additional Information: | 1) Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd 2) Dr. Christian Wiradensi Wolor, SE., M.M |
| Subjects: | Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
| Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
| Depositing User: | SUSAN FEBRIANTINA . |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 06:42 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 06:42 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
