HUBUNGAN ANTARA HAMBATAN BERPINDAH DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA ANDROID DI SMK NEGERI 45 JAKARTA

NICKO WIJAYA SUGIYONO, . (2016) HUBUNGAN ANTARA HAMBATAN BERPINDAH DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA ANDROID DI SMK NEGERI 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NICKO WIJAYA S - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pengguna Android di SMK Negeri 45 Jakarta. Tempat ini dipilih karena sesuai dengan tema penelitian, yaitu loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan dalam jangka panjang, dengan sebuah apresiasi positif yang ditunjukkan dengan menggunakan produk tersebut dan merekomendasikannya kepada orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna android yang masih menjadi pelanggan sampai sekarang yang berjumlah 50 orang pengguna android. Sampel yang diambil sebanyak 44 orang dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Hambatan Berpindah dan Loyalitas Pelanggan. Sebelum instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas terlebih dahulu, untuk kedua variabel. Untuk variabel X 30 butir pertanyaan setelah divalidasi, yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 28 butir pertanyaan. Untuk variabel Y, dari 31 butir pertanyaan setelah divalidasi, yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 28 butir pertanyaan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,801 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,866. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,1059, sedangkan Ltabel untuk n = 44 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,133, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 74,80 + 0,30X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 9,74 > 4,07, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,25 < 2,07, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,343 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 2,369 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk=44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,343 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 11,79%, yang menunjukkan bahwa 11,79% loyalitas pelanggan ditentukan oleh hambatan berpindah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara hambatan berpindah dengan loyalitas pelanggan pada pengguna android di SMK Negeri 45 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si ; 2). Dr. Corry Yohana, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2020 12:25
Last Modified: 13 Apr 2020 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item