PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN Studi Eksperimen pada Anak Kelas I SDN di Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan)

EVA ROLIANA, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN Studi Eksperimen pada Anak Kelas I SDN di Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
Surat Pertanyaan Publikasi Tesis Eva.pdf

Download (469kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari dua variabel bebas, yaitu Metode Pembelajaran Proyek dan Metode Number Head Together (NHT), serta variabel moderator yaitu sikap anak pada mata pelajaran matematika terhadap pemahaman konsep bilangan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara faktor metode Proyek dan metode NHT (A) dan sikap anak pada matematika (B) terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun di SDN Jurang Mangu Timur 01 dan SDN Jurang Mangu Timur 02 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 60 orang anak kelas 1, 30 orang anak di SDN Jurang Mangu Timur 01 dan 30 orang anak di SDN Jurang Mangu Timur 02. Data pemahaman konsep bilangan diperoleh dari tes pilihan ganda. Sedangkan, data penelitian mengenai sikap anak diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik inferensial. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Analisis Varian (Anava) dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang diberi perlakuan metode Proyek sebesar 12,13 sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang diberi perlakuan metode NHT sebesar 10,83. Sementara itu, pemahaman konsep bilangan pada anak yang memiliki sikap positif pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,38 sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang memiliki sikap negatif sebesar 9,58. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman konsep bilangan dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan sikap anak pada mata pelajaran matematika terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun. ******** ABSTRACT This study aims to determine the difference in influence of the two independent variables, namely the Project Method and the Number Head Together (NHT) Method, as well as the moderator variable, which is the attitude of children in mathematics towards the understanding children number sense. In addition, this study also aims to determine the effect of the interaction between the factors of the Project method and the NHT (A) method and children's attitudes to mathematics (B) towards the understanding of number sense in children aged 6-7 years at SDN Jurang Mangu Timur 01 and SDN Jurang Mangu Timur 02 Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. The method used in this research is the experimental method. The research subjects consisted of 60 children in grade 1, 30 children in SDN Jurang Mangu Timur 01 and 30 children in SDN Jurang Mangu Timur 02. Data understanding of number sense is obtained from multiple choice tests. Meanwhile, research data on children's attitudes were obtained through a questionnaire. Data analysis uses descriptive statistical analysis methods and inferential statistical analysis methods. The research hypothesis testing uses the two-way Analysis of Variance (Anava) test. The results of data analysis shows that the average value of understanding the number sense in children who are treated by the Project method was 12.13 while the average value of understanding the number concepts in children who are treated by the NHT method was 10.83. Meanwhile, the understanding of number sense in children who have a positive attitude in both classes obtained an average value of 13.38 while the average value of the understanding of number sense in children who have a negative attitude of 9.58. The results of the data analysis also shows that there is an influence of the learning method towards the understanding of number sense and there is an interaction between the learning method and the attitude of the childdren in mathematics subject towards the understanding of number sense in children aged 6-7 years. Keywords: Project Methods, Student Learning Attitudes, Number Sense, Early Childhood.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Rien Safrina, MA., Ph.D. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2626 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2020 11:18
Last Modified: 27 Apr 2020 11:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item