HUBUNGAN PENATAAN BARANG PAJANGAN (WINDOW DISPLAY) DENGAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (IMPULSE BUYING) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE, MALL ARION JAKARTA TIMUR

SITI MASITOH, . (2016) HUBUNGAN PENATAAN BARANG PAJANGAN (WINDOW DISPLAY) DENGAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (IMPULSE BUYING) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE, MALL ARION JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yakni metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive ( purposive sampling). Populasi adalah mahasiswa UNJ yang berbelanja ke Matahari Arion Mall dalam ≤ 3 bulan terakhir, berjenis kelamin perempuan, usia 17-25 tahun. Berdasarkan survey awal yang peneliti lakukan, didapatlah populasi sebanyak 89 mahasiswa. Hasil reliabilitas untuk variabel X adalah 0,807 dan untuk variabel Y adalah 0.884. kuesioner menggunakan model skala likert. Sebelum instrument ini digunakan , dilakukan uji validitas konstruk untuk ke dua variabel. Proses validitas dilakukan dengan menganalisis data. Dari 24 pernyataan variabel penataan barang pajangan (window display) butir valid sebanyak 18 butir dan 6 butir didrop. Sedangkan dari 46 pernyataan variabel keputusan pembelian tidak terencana (impulse buying) butir valid sebanyak 36 butir dan 10 butir didrop. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung terbesar = 0,0461 Ltabel untuk N = 89 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,093. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Persamaan regresi linear yang dihasilkan adalah Ŷ = 48,37 + 1,13 X. Dari uji keberartian korelasi menghasilkan Fhitung = 125,15 dan Ftabel = 3.95. sehingga Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah signifikan, kemudian dilanjutkan dengan uji kelinearan regresi menghasilkan Fhitung = 0,4446 dan Ftabel = 1,67. sehingga Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah linier. Hasil uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,768, selanjutnya dilakukan uji keberartian regresi dengan menggunakan uji thitung = 11,118 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = 87 sebesar 1,665. Maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penataan barang pajangan (window display) dengan keputusan pembelian tidak terencana (impulse buying) dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 59,00 % variasi keputusan pembelian tidak terencana (Y) ditentukan oleh penataan barang pajangan (X) selebihnya ditentukan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Yohana, MM, ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2020 19:55
Last Modified: 20 Apr 2020 19:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item View Item