PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (EKSPERIMEN PADA ORANG TUA ANAK DI TK KAPIWORO DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 85 KAB. MOJOKERTO)

DINA KARTIKA PUTRI, . (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (EKSPERIMEN PADA ORANG TUA ANAK DI TK KAPIWORO DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 85 KAB. MOJOKERTO). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran (audio visual dengan media pembelajaran visual) dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di TK Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel berjumlah 56 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 14 orang tua peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa: angket motivasi diri orang tua siswa, dan kuesioner keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua pada pendidikan anak di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media audio visual bagi orang tua memiliki motivasi diri tinggi, dan sebaliknya keterlibatan orang tua pada pendidikan siswa di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media visual bagi orang tua memiliki motivasi diri rendah. Keberbaruan penelitian ini menunjukkan pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Dampak dari penelitian ini bertambahnya pengetahuan dan membaiknya persepsi orang tua siswa tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar baik di rumah muapun di satuan pendidikan. The aim of this research is to discover the impacts of different uses of learning media (audio-visual and visual learning media) and self-motivation towards the involvement of parents in child education in a kindergarten in Mojokerto Regency. The research method used in this research is an experiment with 2 X 2 factorial design, with 56 samples taken randomly from a population that is divided into four groups, each group consists of 14 student parents. The instrument used is a self-motivation questionnaire of parents and students, and a questionnaire of parent involvement in child education. The data of this research is analyzed by using a two-lane analysis of variants (ANAVA), and a further examination is conducted due to the existence of interactions between factors. The results of hypothesis testing show that the involvement of parent in child education in kindergarten can be increased through audio-visual learning media for parents who have a higher level of self-motivation. On the other hand, the involvement of parent in child education in kindergarten can be increased through visual learning media for parents who have a lower level of self-motivation. The renewal of this research demonstrates the importance of parent involvement in the process of education. The impacts of this research are to accelerate the knowledge and perception of student parents towards the importance of parent involvement in supporting their child education both at home and in an education unit.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. dr. Myrnawati CH, M.S.PKK. ; 2). Dr. Zarina Akbar, M. Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2508 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 06:36
Last Modified: 24 Apr 2020 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item