PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PENGETAHUAN ANTIKORUPSI (Eksperimen di TK Kelompok B Provinsi Jawa Tengah, 2018)

DESTI PUJIATI, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PENGETAHUAN ANTIKORUPSI (Eksperimen di TK Kelompok B Provinsi Jawa Tengah, 2018). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan pengendalian diri terhadap pengetahuan anti korupsi siswa taman kanak-kanak (TK) di provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan sampel dalam penelitian ini adalah 82 siswa (41 siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode bermain peran dan 41 siswa pada kelas kontrol dengan metode story telling) di Taman Kanak-kanak provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsi anak dengan pengendalian diri tinggi yang belajar menggunakan metode bermain peran lebih tinggi dari anak dengan menggunakan metode story telling (10,18>8,27), 2) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsi yang memiliki pengendalian diri rendah dengan menggunakan metode bermain peran lebih tinggi dari yang mengikuti metode story telling (6,55>6,36), 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pengendalian diri terhadap pengetahuan anti korupsi (Fh 30,94 > Ft 4,08), 4) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsi siswa yang belajar dengan menggunakan metode bermain peran dengan pengendalian diri tinggi lebih baik dari anak dengan pengendalian diri rendah (10,18>6,55), 5) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsi siswa yang belajar dengan menggunakan metode story telling dengan pengendalian diri tinggi lebih baik dari anak dengan pengendalian diri rendah (8,27>6,36). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan anti kurupsi anak dengan memperhatikan tingkat pengendalian diri anak. This study aimed to find out the effectiveness of the learning methods and self-control toward the knowledge of anti-corruption at the kindergarten students in Central Java province. This is a experimental research with total sample of 82 students (41 students in the experimental class with role playing method and 41 students in the control class with the storytelling method) in some Kindergartens in Central Java. The results of the study show that: 1) the average score of anti-corruption knowledge with high self-control using role-playing method was higher than using the storytelling method (10.18> 8.27), 2) The average score of anti-corruption knowledge with low self-control using role-playing method was higher than using the storytelling method (6.55> 6.36) , 3) There was an effect of interaction of the learning methods and self- control toward anti-corruption knowledge (Fh 30.94> 4.08 Ft), 4) The average score of anti-corruption knowledge with role-playing method with high self-control was higher than with low self-control (10.18> 6.55), 5) The average score of anti-corruption knowledge with the storytelling method with high self-control was higher than with low self-control (8.27> 6.36). Therefore, it can be concluded that the learning method could increase the anti-corruption knowledge by concerning the level of children’s self-control.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS., PKK. ; 2). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2807 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 07:13
Last Modified: 24 Apr 2020 07:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item