EVALUASI PROGRAM FASILITASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BERBASIS AUDIO VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN DI PUSTEKKOM, KEMENDIKBUD (Penerapan Model Evaluasi CIPP dan Kirkpatrick)

ZAINUDDIN NASUTION, . (2019) EVALUASI PROGRAM FASILITASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BERBASIS AUDIO VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN DI PUSTEKKOM, KEMENDIKBUD (Penerapan Model Evaluasi CIPP dan Kirkpatrick). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang efektivitas Program Fasilitasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Berbasis Audio Video Untuk Pembelajaran Di Pustekkom, Kemendikbud. Metode yang digunakan melalui pendekatan evaluasi kualitatif dengan model evaluasi kombinasi model evaluasi CIPP dan Kirkpatrick. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 360 guru, 180 kepala sekolah, 180 rekan sejawat, 18 instruktur, dan 4 orang pemangku kebijakan. Secara umum Program Fasilitasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Berbasis Audio Video Untuk Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Pustekkom cukup efektif dan dapat dilanjutkan dengan beberapa perbaikan. Adapun yang dapat direkomendasikan dari hasil evaluasi ini adalah 1) sebaiknya ada panduan yang jelas dan mengikat untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga dalam hal ini Pustekkom dengan Dinas Pendidikan Provinsi/ Balai Tekkom dalam struktur birokrasi sehingga sarana pendukung fasilitasi dapat ditingkatkan, 2) untuk memantau aktivitas guru dalam pemanfaatan TIK untuk pebelajaran serta transfer knowledge kepada guru lain yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan, perlu dikembangkan aplikasi fasilitasi berisi fitur/layanan yang dapat merekam aktivitas guru dalam melakukan aktivitas tersebut 3) Dari sisi lokasi pelaksanaan, kegiatan fasilitasi jangan hanya dilakukan di sekitar ibukota propinsi, perlu ada data lokasi yang sudah pernah dilaksanakan Program Fasilitasi Guru Terampil TIK Berbasis Audio Video sehingga untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada lokasi lain terutama daerah 3T. 4) Perlu ada kegiatan monitoring dan kegiatan tindak lanjut dari Program Fasilitasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Berbasis Audio Video untuk terus meningkatkan kompetensi peserta yang pernah mengikuti program fasilitasi. Kebaruan penelitian ini disamping mengevaluasi program pelatihan secara akademik dan komprehensif, penelitian ini juga menggunakan kombinasi model evaluasi CIPP dan Kirkpatrick. Kata kunci: Evaluasi Program, Model Discrepancy dan Kirkpatrick, Pelatihan Guru.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. 2). Dr. Wardani Rahayu, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 2552 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2020 11:55
Last Modified: 27 Apr 2020 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7260

Actions (login required)

View Item View Item