APRILIANI SUSILAWATI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS III (Penelitian Tindakan Kelas Tentang Sumber Daya Alam dan Lingkungan di SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
`1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (89kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (121kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah siswa, siswa kurang berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya, siswa mudah menyerah, dan siswa selalu mengandalkan temannya jika ada diskusi kelompok. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkna sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA dengan mengunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret sampai April 2016, bertempat di kelas III SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing0masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan saintifik terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga sikap ilmiah siswa meningkat, yaitu dari siklus I ke siklus II terdapat peneingkatan. Pada siklus I presentase jumlah siswa yang mencapai sikap ilmiah tinggi hanya 63,33%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83,33% siswa yang mencapai sikap ilmiah tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa prndekatan saintifik dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sutrisno, M. Si ; 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2020 13:16 |
Last Modified: | 12 May 2020 13:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7648 |
Actions (login required)
View Item |