“PENGARUH METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XII MAN 3 JAKARTA”

Ayu Atika A., . (2016) “PENGARUH METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XII MAN 3 JAKARTA”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB 1- 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (128kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta pikiran dengan media video klip terhadap kemampuan menulis teks cerpen. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta selama Februari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Tiap kelas terdiri dari 25 siswa. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji lilifors.Dari hasil perhitungan, diperoleh Lo untuk kelas eksperimen sebesar 0,1602 dan Lo untuk kelas kontrol sebesar 0,1685 Lt yang didapat pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 0,173. Dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal karena Lo ˂ Lt. Untuk uji homogenitas digunakan uji fisher. Dari hasil perhitungan diperoleh X2hitung sebesar -0.046. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 66 pada taraf signifikasi 1-α = 0,05 diperoleh X2tabel sebesar 3.841. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis dengan rumus uji-t diperoleh thitung sebesar 1,9 pada dk = 48 dan taraf signifikasi 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,7. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, yaitu tidak terdapat pengaruh metode peta pikiran dengan media video klip terhadap kemampuan menulis teks cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pula kelas eksperimen mencapai kenaikan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Kenaikan pada kelas eksperimen yaitu 18,76 angka dari rata-rata prates sebesar 60,8 dan 79,56 pada pascates, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai angka 7,48 dari nilai rata-rata prates sebesar 70,96 dan 78,44 pada nilai pascates. Implikaisnya terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode peta pikiran dengan media video klip dalam Kompetensi Dasar menyusun teks fabel. Metode dan media ini dapat menstimulus siswa dalam memperoleh ide yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Saran yang dapat diberikan adalah pergunakanlah video klip sebagai media yang tepat sesuai dengan jenjang kelasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irsyad Ridho, M.Hum ; 2). N. Lia Marliana, M.Phil (Ling)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 May 2020 12:27
Last Modified: 15 May 2020 12:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7672

Actions (login required)

View Item View Item