MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKASI (PENELITIAN TINDAKAN PADA ANAK TK A AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL III KABUPATEN LEBONG PROVINSI BENGKULU 2019 )

RIA FRANSISCA, . (2020) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA EDUKASI (PENELITIAN TINDAKAN PADA ANAK TK A AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL III KABUPATEN LEBONG PROVINSI BENGKULU 2019 ). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi permainan ular tangga edukasi untuk meningkatkan percaya diri anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus pertama sejumlah delapan kali pertemuan dan siklus yang kedua sebanyak empat kali pertemuan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk membandingkan hasil pada siklus pertama dan siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa percaya diri melalaui kegiatan permainan ular tangga edukasi meningkat dengan baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan setiap siklus penelitian, yang mana hasil perolehan pada pra siklus sebesar 46.30%, siklus I sebesar 62.85% dan Pada siklus II percaya diri mencapai 82.52%. Dari hasil yang ditemukan implikasi penelitian ini adalah permainan ular tangga edukasi dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan untuk meningkatkan percaya diri anak. Kata Kunci: percaya diri, permainan ular tangga, anak usia dini. ABSTRACT snakes and ladders games to improve the confidence of children in group A TK Aisyiyah Bustanul Athfal. This study uses the action research model Kemmis and Mc Taggart. The subjects in this study were children of Group A Aisyiyah Bustanul Athfal III Kindergarten, Lebong Regency, Bengkulu Province. This research was conducted in two cycles, the first cycle meeting round and the second cycle four meetings. Data analysis in this study uses qualitative and quantitative. Quantitative analysis uses descriptive statistics to compare results in the first cycle and the second cycle. Qualitative data analysis by analyzing data from the results of field notes and interviews during the study with data reduction steps, displaying data and verifying data. The results of this study prove that research on yourself through snakes and ladders game activities is increasing well. This can be seen from the success of each research cycle, where the results obtained in the pre-cycle amounted to 46.30%, the first cycle was 62.85% and in the second cycle it reached 83.52%. From the results found, the implication of this research is the educational snakes and ladders game that can be used as an alternative to improve children's confidence. Key words: Self Confidence, Snakes and Ladders, and Early Childhood

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Asep Supena, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2727 not found.
Date Deposited: 19 May 2020 09:34
Last Modified: 19 May 2020 09:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7684

Actions (login required)

View Item View Item