iUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MALAKA SARI 04 PAGI JAKARTA TIMUR

IHSANUDIN RAFIQI, . (2016) iUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN MALAKA SARI 04 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
2 BAB I SUP.pdf

Download (218kB)
[img] Text
2 BAB II SUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
2 BAB III SUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
2 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
Lampiran 8 dan surat surat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Malaka Sari 04 Pagi, Jakarta Timur sebanyak 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus.Keterampilan menulis deskripsi siswa siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥70 mencapai 42,3%, sedangkan pada siklus II mencapai 80,8%. Untuk pengamatan aktivitas guru dan siswa pada siklus I rata-rata mencapai 88%,sedangkan pada siklus II mencapai 94%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Malaka Sari 04 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu menggunakan pendekatan kontekstual dengan merancang keterkaitan materi dengan kehidupan siswa sehingga kegiatan belajar menjadi bermakna dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd ; 2). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd. M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:47
Last Modified: 15 Jun 2020 13:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item