LELLY ANDINI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR PKn DENGANPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLEPADA SISWA KELAS IVSD(Studi penelitian tindakan kelasdi SDN Jatinegara 01PagiJakartaTimur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 COVER.pdf Download (99kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text
13 BAB II REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text
19 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar PKnsiswa kelas IVSD tentang Menunjukkan Sikap Terhadap Globalisasi Di Lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble.Penelitian dilaksanakan di SDN Jatinegara 01 Pagi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVpada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016yang berjumlah 35orang.Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melalui hasil proses pengamatan tindakan dan pengumpulan dokumentasi/foto yang diambil pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Hasil analisis menunjukkan persentase nilai pengamatan tindakan guru dan siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 mencapai 71,25% dan meningkat pada siklus IIpertemuan 1dan 2mencapai 91,25%. Adapun persentase motivasibelajarPKnpada siklus I pertemuan 1 dan 2 mencapai76,30% dan pada siklus IIpertemuan1dan 2mencapai82,36%.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamotivasibelajarPKnsiswakelas IVSDN Jatinegara 01 Pagi dapatditingkatkandenganmenerapkanpenggunaanmodel pembelajaran kooperatif tipe scramblepada pembelajaranPKn,khususnya pada materiMenunjukkan Sikap Terhadap Globalisasi Di Lingkungan.Implikasihasilpenelitininiadalahbahwapenggunaanmodel pembelajaran kooperatif tipe scramblemerupakan salahsatumodel pembelajaran yang dapat meningkatkanmotivasibelajarPKnpada materi Menunjukkan Sikap Terhadap Globalisasi Di Lingkungandi kelasa IVSDN Jatinegara 01 Pagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 16:01 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 16:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7858 |
Actions (login required)
View Item |