UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODETANYA JAWABDENGAN MEDIA GAMBAR SENSORIAL(Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur)

Livia Suhandina, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODETANYA JAWABDENGAN MEDIA GAMBAR SENSORIAL(Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode tanya jawab dengan media gambar sensorial, dengan subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 yang memiliki masalah dalam kemampuan berbicara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data kualitatif diperoleh melalui reduksi, display, dan verifikasi. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa metode tanya jawab dengan media gambar sensorial dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Anak dapat menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, anak mampu menggunakan kata sambung serta mengungkapkan kalimat dengan lancar. Hasil penelitian dengan metode tanya jawab dengan media gambar sensorial menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 58% dan siklus II mencapai 78%. Implikasi dari kegiatan ini adalah metode tanya jawab dengan media gambar sensoria dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas Madinah Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis M.Pd. ; 2). Dra. Iva Sarifah M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jun 2020 12:03
Last Modified: 22 Jun 2020 12:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item