MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWINGSISWA KELAS V SDN KELAPA GADING BARAT 01 JAKARTA UTARA

Sri Nurhayani, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWINGSISWA KELAS V SDN KELAPA GADING BARAT 01 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. LEMBAR SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang peningkatan hasil belajar IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe SnowballThrowingsiswa kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara dengan jumlah siswa 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atau observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II. Hasil penelitian teknik pengumpulan data menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM 67 sebanyak 26 siswa dari 38 siswa, dengan persentase 68,42%. Adapun pada siklus II lebih meningkat lagi siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 67 sebanyak 34 siswa dari 38 siswa dengan persentase 89,47%. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingdapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 15:27
Last Modified: 02 Jul 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item View Item