DITA FACHRIANI, . (2016) Pendidikan Zuhuddi Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah Center (TQNC) Rawamangun. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak.pdf Download (280kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN DITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
Abstract
Penelitian inibertujuanuntuk memperoleh gambaran dan informasi yang mendalam mengenai pendidikan zuhud yang terdapat di Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah Center (TQNC) Rawamangun. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjeknya adalah para ikhwanTQNC Rawamangun, dan objeknya adalah pendidikan zuhud. Menurut TQNC zuhud adalah sikapyang menjadikan dunia ditangan dan Allah di kalbu.Penelitian ini menggunakan teori zuhud menurut Abu al-Wafa al-Taftazani yang menyatakan bahwa zuhud bukanlah aktivitas untuk menjauhi duniawi dan tidak identik dengan kemiskinan tetapi kehidupan dunia tidak mempengaruhi kepatuhan kepada Allah serta konsep pendidikan menurut Al-Ghazali yang menyatakan pendidikan sebagai proses pembiasaan sebagai upaya yang menimbulkan respons bagi siswa melalui bimbingan emosional dan fisikal.Ciri-ciri zuhud yakni hatinya dipenuhi oleh kecintaan terhadap Allah SWT, qana’ah, tawakkal, sabar dan syukur.Hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan zuhud yang terdapat diTQNC Rawamangun dengan menggunakankonsep zuhud yang merujuk pada TQN pusat di Suryalaya, dan strategi pendidikan zuhudnya melaluitahapan pendidikan moral knowing, moral feeling dan moral action.Tahapan moral knowingsesuai denganbidang keilmuan, Tahapan moral feeling sesuai dengan bidang amaliyah dan Tahapan moral action sesuai dengan bidang sosial. Pendidikan zuhud di TQNC Rawamangun termasuk dalam pendidikan karakter karena pada proses pendidikannya TQNC melakukan pengalaman pengetahuan, pembiasaan-pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai dari luar berupa amaliyah zikir untuk dibentuk serta menjadi bagian dari kepribadian jama’ahnya hingga praktek nyata dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8231 |
Actions (login required)
View Item |