FATAH NABELA, . (2014) HUBUNGAN ANTARA IKLAN DENGAN MINAT BELI KARTU SELULER IM3 PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi fatah.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara iklan dengan minat beli kartu seluler IM3 pada mahasiswa Program Studi Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta Timur berdasarkan data dan fakta yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Program Studi Tata Niaga angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 35 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 32 orang. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk iklan(Variabel X) dan minat beli(Variabel Y). Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 30 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 7 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 23 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 30 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 8 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 22 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,893 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,929. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 34,71 + 0,62X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung =0,0689, sedangkan L tabel untuk n = 32 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,157. Karena Lhitung <L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < F tabel yaitu 0,77<2,34, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > F tabel , yaitu 11,45 > 4,17, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,526, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung =3,384 dan ttabel=1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,526 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 27,63% yang menunjukkan bahwa 27,63% variasi minat beli ditentukan oleh iklan. ***************************** This research aims to find out whether there is a connection between the ads with keen interest to buy a cellular card IM3 on Course Commerce students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta in East Jakarta based on valid data and facts and reliability. The research method used is survey method with the correlational approach. Population in this research is all of Course Commerce Students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta, where as the possible populations who Commerce Courses students force 2011 Faculty of Economics State University of Jakarta, amounting to 35 people. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 32 people. To capture data from these two variables are used questionnaire Likert scale models for Advertisement (variable X) and Purchase Intention (Variable Y). Before the instrument is used tested the validity for both variables. For variable X, from 30 points statement after statement validated there are 7 points that drop invalid, while meeting the criteria or a valid statement consists of 23 points. For variable Y, from 30 points statement after statement validated contained 8 points that drop invalid, while meeting the criteria or invalid items comprised 22 statements. Reliability calculation of both variables using Cronbach Alpha formula. The results of the X variable reliability of 0.893 and the reliability of variable Y at 0.929. These results prove that the instrument is reliable. The resulting regression equation is Ŷ=34.71+0.62X. Test requirements analys is of the normality test error of estimated regression of Y on X to produce Lcount liliefors test= 0,0689, while the Ltable for n= 32 at 0.05 significant level is 0.157. Because the Lcount<Ltable then an error estimate of Y on X is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcalculated<Ftable is 0,77<2.34, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount>Ftable, which is 11.45>4.17, meaning that the regression equation is significant. Correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy=0,526, then performed the test significance correlation coefficient using the t test and the resulting tcount=3,384 and ttable=1,70. It can be concluded that the correlation coefficient rxy=0.526 is significant. The coefficient of determination obtained for 27,63% which shows that 27,63% of the variation of purchase intention is determined by the advertisement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 16:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 16:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8251 |
Actions (login required)
View Item |