Eriana Yudaningrum, . (2016) HUBUNGAN ANTARA BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA AL-HIKMAH PULOGADUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR.pdf Download (439kB) |
|
Text
Bab I, II, III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
BAB IV, V .pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang ada, tidaknyaHubungan Antara Buku Teks Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA AL-Hikmah. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan subjek penelitian Siswa SMA AL-Hikmah dengan jumlah siswa sebanyak 47 orang siswa. Jumlah keseluruhan siswa kurang dari 100 orang, karenanya penelitian ini mengambil seluruhnya, penelitian ini adalah penelitian populasi. Sekolah ini hanya memiliki tiga kelas untuk setiap tingkatan angkatan, kelas Xsatu kelas, XI satu kelas, XII satu kelas.Proses penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui seberapa dibutuhkannya buku Teks pelajaran sejarah dan hasil belajar sejarah siswa. Tahap selanjutnya proses merupakan pengolahan data dengan dengan menggunakan analisis regresi, hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan buku teks pelajaran sejarah dan hasil belajar sejarah siswa, serta untuk mengetahui tingkat hubungan antara buku teks pelajaraan sejarah dengan hasil belajar sejarah siswa. Hal ini dibuktikan bahwa sekolah tidak menyediakan buku teks pelajaran sedangkan siswa membutuhkan, dan hasil belajar sejarah siswa digambarkan melalui nilai rata-rata sejarah siswa yaitu: 58,98. Sedangkan hubungan antara buku teks pelajaran sejarah dengan hasil belajar sejarah siswa di SMA AL-Hikmah, yaitu:Terdapat hubungan yang signifikan antara buku teks pelajaran sejarah dengan hasil belajar sejarah siswa di SMA AL-Hikmah. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya: rhitung(xy) = 0.662, >0dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (n-2) = (47 -2) = 45 sebesar 1,68, dimana Hoditolak jika thitung> ttabeldengan hasil thitung(5,92) > ttabel(1,68), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 14:42 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 14:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8277 |
Actions (login required)
View Item |