RETORIKA BAHASA DALAM IKLAN BALIHO KAMPANYE POLITIK (Penelitian Analisis Wacana Kritis Iklan Baliho Kampanye Politik Partai Islam)

LELY RAHMAWATI, . (2020) RETORIKA BAHASA DALAM IKLAN BALIHO KAMPANYE POLITIK (Penelitian Analisis Wacana Kritis Iklan Baliho Kampanye Politik Partai Islam). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (548kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
0_BAB 5.pdf.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni berisi pemerolehan pemahaman yang mendalam tentang retorika Bahasa dalam iklan baliho kampanye politik, yang mencakup: aspek linguistik dan sosial. Sumber data meliputi baliho dari 4 partai Islam dalam pemilihan umum 2019 yaitu PAN, PKS, PKB dan PPP. Sementara, data penelitian terdiri dari berbagai kata, frasa, dan klausa yang terdapat pada baliho. Berdasarkan pemecahan masalah yang ada, penulis menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis bahasa tulisan melalui teks yang dituliskan dalam baliho didukung oleh kerangka analisis wacana kritis model Nourman Fairclough. Hasil dari penelitian yakni pada bahasa tulisan terdapat dominan jenis wacana persuasif pada baliho yaitu penegasan sebanyak 52%, sedangkan pada aspek leksikal yaitu hiponimi sebesar 73%, dan aspek gramatikal sebanyak 55%. Hal ini menunjukkan iklan baliho kampanye politik dari segi linguistik lebih menitikberatkan kepada pencitraan positif dari para kandidat, sedangkan dari sisi bahasa visual terdapat 4 dari 12 baliho yang menyematkan tokoh pendukung dan 3 dari 12 baliho menggunakan aspek sosial yang begitu kental. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penyematan tokoh pendukung dan adaptasi budaya berperan begitu besar. Kesimpulan dari penelitian ini yakni berdasarkan penggabungan aspek bahasa visual dan tulisan terdapat pesan tersirat yang hendak disampaikan melalui iklan baliho kampanye politik. Kata Kunci: Retorika Bahasa, Iklan Baliho, Kampanye Politik, dan Analisis Wacana Kritis. ********************************* ABSTRACT This research aims to analyze the rhetoric in advertising political campaign billboards in terms of discourse analysis covering linguistic and social aspects. The source of data, included billboards from 4 Islam parties that won in thegeneral election of 2019, namely PAN, PKS, PKB and PPP. Meanwhile, the data consists of various words, phrases and clauses contained in billboards. Based on existing problem solving, the writer uses the theory of social semiotics from Kress and Van Leeweun (2002) to analyze visual language and the theory of persuasive discourse from Utari (2012) to analyze written language. The results of the study such as : on the written language there is a dominant type of persuasive discourse on billboards that is affirmation as much as 52%, meanwhile in the lexical aspect that is hyponymy as much as 73% and gramatical aspects that is reference as much as 55%.It proven that political campaign billboard advertising from a linguistic perspective focuses more on the positive imaging of the candidates, while in terms of visual language there are 4 out of 12 billboards that embed supporting figures and 3 out of 12 billboards use cultural aspects that are so thick. This indicates that the embedding of supporting figures and social adaptation play such a large role. The conclusion of this research is that based on the integration of aspects of visual and written languages there is an implied message to be conveyed through political campaign billboard advertisements.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Emzir, M.Pd. ; 2). Dr. Shafruddin Tajuddin, MA
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S2 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 3838 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 15:28
Last Modified: 16 Sep 2022 07:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item