Imro Atun Hasanah, . (2016) PELEMBAGAAN KOMPETISI AKADEMIK(Studi di SMP Negeri 169 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1-5 DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER, ABSTRAK, DSB.pdf Download (298kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai proses pembelajaran yang terjadi di SMPN 169 Jakarta yang berkaitan erat dengan proses pelembagaan kompetisi akademik di SMP Negeri 169 Jakarta. Kondisi pembelajaran siswa di sekolah merupakan sebuah dasar dalam membentuk serta meningkatkan kualitas akademik siswa. Kualitas akademik yang baik dan menjadi kebanggaan siswa mau pun sekolah merupakan hal tidak dengan mudah didapatkan, melainkan melalui sebuah proses dan pembiasaan, hal inilah yang dikatakan sebagai pelembagaan.Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, pengamatan dan wawancara mendalam dengan tujuh informan, yang terdiri dari tiga siswa, satu Guru Pembimbing Akademik, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Guru mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 169 Jakarta yang beralamat di Jalan Peta Utara No. 11 Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Penelitian dilakukan pada bulan April 2016. Teknik penulisan menggunakan penulisan deskriptif. Kemudian pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelembagaan kompetisi akademik yang ada di SMPN 169 Jakarta dipengaruhi, dibentuk dan didukung oleh banyak aspek. Misalnya saja seperti kualitas Guru dan kepemimpinan Kepala Sekolah, juga pelembagaan terhadap kompetisi akademik yang ada sangat erat kaitannya dengan kondisi pembelajaran siswa di kelas dan juga minat belajar siswa. Hal yang paling vital selanjutnya dalam pelembagaan kompetisi akademik yang ada yaitu bimbingan dan pembinaan sekolah dalam menanamkan nilai-nilai kompetisi akademik dan juga dukungan guru dan kepala sekolah. Dukungan yang ada meliputi dukungan materil dan moril yang membuat kompetisi akademik semakin dimaknaidan menjadi identitas yang baik di masyarakat.Menurut Peter L. Berger, bahwa realitas sosial komunitas dapat dimaknai oleh anggotanya dan menjadi pola pikirnya dibangun melalui dialektika sosial. Dialektika sosial dalam mengkonstuksirealitas sosialtersebut melalui beberapa proses yaitu eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kompetisi akademik dapat diterima dan dimaknai oleh siswa melalui ketiga hal proses tersebut. Eksternalisasi dapat terlihat melalui iklim kompetisi sekolah dan prestasi akademik, kemudian Objektivasimelalui ketercapaian kompetensi akademik siswa dan Internalisasi melalui pemaknaan siswa terhadap kompetisi akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 14:28 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 14:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8394 |
Actions (login required)
View Item |