PENGARUH JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNALS) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP IT ARAFAH TAPOS DEPOK

LILIH DWI WIGATI, . (2020) PENGARUH JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNALS) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP IT ARAFAH TAPOS DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (690kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi empiris mengenai pengaruh dari pemanfaatan jurnal belajar atau learning journals terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII di SMP IT Arafah Tapos Depok. Penelitian pada Skripsi ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group desain yang terdiri dari kelompok kelas ekperimen (perlakuan) dan kelas kontrol, sebelum diberikan perlakuan diberikan pretest (tes awal) untuk mengetahui hasil belajar awal siswa, dan setelah perlakuan diberikan kemudian dilakukan posttest (tes akhir) pada siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan memanfaatkan jurnal belajar (learning journals) sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok yang tidak diberi perlakuan memanfaatkan jurnal belajar tetapi hanya menggunakan lembar kerja siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP IT Arafah Tapos Depok dengan jumlah 96. Sampel berjumlah 44 yaitu kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dengan menguji rata-rata kelompok atau dikenal dengan uji-t beda dua mean. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada tes awal atau pretest di kelas ekperimen yaitu memperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 56,32 dan pada tes akhir atau posttest yaitu 76,59 peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dari sebelum dan setelah perlakuan yaitu 20,27 sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 58,50 saat pretest dan ketika posttest hanya memperoleh hasil rata-rata 73,64 peningkatan hanya memperoleh 15,14. Perhitungan uji hipotesis dari hasil akhir kelas eksperimen menggunakan perhitungan uji t beda dua mean dari hasil rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen didapat t_hitung sebesar 2,808 dan t_tabel 2,074 dan dari perhitungan uji t beda dua mean hasil tes akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat t_hitung sebesar 3,20 dan t_tabel 1,72. Hasil perhitungan menyatakan bahwa harga t_hitung lebih besar dari t_tabel maka H_a diterima dan H_o ditolak. Berdasarkan hasil penelitian eksperimen yang dilakukan pada kelas VIII SMP IT Arafah Tapos Depok disimpulkan bahwa terdapat pengaruh jurnal belajar (learning journals) terhadap hasil belajar PPKn siswa karena hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen peningkatannya lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memanfaatkan lembar kerja siswa atau LKS. Kata Kunci : Jurnal Belajar, Pengaruh, Hasil Belajar ****************************** This study attempts to collect data and information empirical on the effects of the use learning journals for learning outcomes PPKn for students class VIII in SMP IT Arafah Tapos Depok. On this skripsi uses experimental methods with the quantitative approach. A design study used the control group pretest-posttest design consisting the class ekperimen (treatment ) and grade control before it was given treatment given pretest to know the results of the preliminary learning students, and after treatment given the tests were conducted posttest. Students of class experiments are a given treatment learning journals and the control group that received no treatment study but only using worksheets. Students of the population is SMP IT Arafah Tapos Depok with the number of 96, with the sample were 44 class viii 3 as experiments class sample were 22 and class VIII 4 as control class sample were 22. The data analysis technique used is the test of homogeneity, normality the hypothesis was done using a formula the t- test beda dua mean. Results of research is on a test the beginning or pretest in class ekperimen the outcomes of average class 56,32 and posttest 76,59 increase the study results on class experiment of before and after treatment and control class 20,27 outcomes of the average class 58,50 when pretest and when posttest only received the average yield 73,64 improvements have only have 15,14.In counting the hypothesis from the final grade use the experiment a t different two the mean of the average yield pretest and class from posttest experiment t_count of 2,808 and t_table 2,074 and the table of the equation uji-t beda dua mean the end of two tests (posttest) and the from class experiment control t_count of 3,20 and t_table 1,72.This is indicated that the price of t_count greater than t_table, so 〖 H〗_a hence received and H_o rejected. Based on the research it can be concluded that the average use study results learning journal on class experiment higher than class control not avail journal sheets students learning only use work thus (LKS), learning journal applied in learning Pancasila and Civic Education (PPKn) education to improve learning outcomes the students learning and obtained class experiment the increase is far less significant than with the class control work only incorporates sheets (LKS) to students. Keywords: Learning Journal, Influence, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yasnita, M.Si. ; 2). Dr. Sarkadi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4162 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2020 20:18
Last Modified: 19 Aug 2020 20:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item