PENERIMAAN SOSIAL PESERTA DIDIK REGULER TERHADAP PESERTA DIDIK INKLUSI (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Reguler Kelas VII SMPN 281 Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020)

FEBRI RACHMAWATI, . (2020) PENERIMAAN SOSIAL PESERTA DIDIK REGULER TERHADAP PESERTA DIDIK INKLUSI (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Reguler Kelas VII SMPN 281 Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
COVER (4915161649).pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan sosial dan faktor yang mempengaruhi penerimaan sosial peserta didik reguler terhadap peserta didik inklusi kelas VII SMPN 281 Jakarta Timur tahun ajaran 2019/2020.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik reguler kelas VII yang ditempatkan bersama dengan peserta didik inklusif yang berjumlah 277 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik sistematik random sampling. Data penerimaan sosial di kategorisasikan menggunakan mean dan standar deviasi yang kemudian disajikan dalam bentuk persentase dengan tabel distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik reguler kelas VII SMPN 281 Jakarta Timur memiliki penerimaan sosial terhadap peserta didik inklusi dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 61%. Dari data tersebut diketahui bahwa mayoritas peserta didik reguler memiliki sikap positif yang tinggi terhadap peserta didik inklusi yaitu sebanyak 67% memiliki keinginan yang tinggi untuk menjadikan peserta didik inklusi sebagai teman dalam suatu hubungan yakni dengan persentase 60%. Faktor yang mempengaruhi peserta didik reguler memiliki penerimaan sosial yang tinggi dikarenakan peserta didik tidak menganggap aneh penampilan peserta didik inklusi, ketika di sekolah peserta didik inklusi memiliki karakteristik yang baik, dan peserta didik reguler tidak meragukan kemampuan berpikir peserta didik inklusi. This study aims to determine social acceptance and the factors that influence social acceptance of regular students towards inclusive students class VII SMPN 281 East Jakarta in the 2019/2020 school year. The method used in this research is descriptive method. The population in this study were 277 regular students class VII who were placed together with inclusive students. The sample in this study were 70 students who were determined using systematic random sampling techniques. Data on social acceptance are categorized using mean and standard deviation which are then presented in the form of a percentage with a relative frequency distribution table. The results showed that regular students class VII of SMPN 281 East Jakarta had social acceptance of inclusive students in the high category with a percentage of 61%. From these data it is known that the majority of regular students have a high positive attitude towards inclusion students as much as 67%, and have a high desire to make inclusive students as friends in a relationship that is with a percentage of 60%. Factors affecting regular students have high social acceptance because students do not consider the appearance of inclusion students strange, when in schools inclusion students have good characteristics, and regular students do not doubt the thinking ability of inclusive students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M.Si ; 2). Saipiatuddin, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 4342 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2020 14:58
Last Modified: 24 Aug 2020 14:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8540

Actions (login required)

View Item View Item