PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDONESIAN SCIENCE LITERACY TEST (ISLT) UNTUK MENINGKATKAN VALIDITAS KRITERIA TERHADAP UJIAN NASIONAL (UN)

ROSITA ULI SIHOMBING, . (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDONESIAN SCIENCE LITERACY TEST (ISLT) UNTUK MENINGKATKAN VALIDITAS KRITERIA TERHADAP UJIAN NASIONAL (UN). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen Indonesian Science Literacy Test (ISLT) untuk meningkatkan validitas kriteria terhadap Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan tes PISA sebagai standar. Pengembangan instrumen menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: a) analisis (Analyze), b) perancangan (Design), c) pengembangan (Development), d) implementasi (Implementation), dan e) evaluasi (Evaluation). Pengujian dan pembakuan butir soal pada 4 paket ISLT menggunakan analisis Clasical Test Theory (CTT) dan Item Response Theory (IRT)/pemodelan Rasch. Sampel penelitian berjumlah 231 responden di SMPN 2 kota Pangkalpinang provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang terdiri dari 124 perempuan dan 107 laki-laki. Hasil tes ISLT dibandingkan dengan hasil tes PISA yang dilaksanakan oleh 214 siswa SMPN 1 di kota yang sama, terdiri dari 123 perempuan dan 91 laki-laki dengan pertimbangan bahwa kedua kelompok tersebut adalah setara. Penelitian ini menghasilkan butir soal ISLT baku yang berkarakteristik kearifan lokal dan etika lingkungan dengan jumlah butir pada paket A = 32, paket B = 33, paket C = 33, dan paket D = 33. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa validitas kriteria terhadap UN antara instrumen ISLT dan PISA adalah tidak setara, namun ISLT tepat digunakan untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia karena mampu menyediakan butir soal yang aplikatif dan selaras dengan konteks kehidupan siswa Indonesia. This study aimed to develop the instrument of Indonesian Science Literacy Test (ISLT) to improve the criterion related validity on National Examination (UN) using the PISA test as a standard. The development of instruments applied the ADDIE model which consists of 5 stages: a) Analyze, b) Design, c) Development d) Implementation, and e) Evaluation. Testing and standardizing the items in the 4 ISLT packages used Clasical Test Theory (CTT) and Item Response Theory (IRT) analysis. The research samples were 231 respondents in SMPN 2 Pangkalpinang city Bangka-Belitung province consisting of 124 females and 107 males. The results of the ISLT test were compared with the results of the PISA test conducted by 214 students of SMPN 1 in the same city, consisting of 123 females and 91 males with the justification of the two groups being equal. This study produced the standard ISLT items characterized by Indonesian culture and environment ethics with the number of items in package A = 32, package B = 33, package C = 33, and package D = 33. The results of this study proved that the validity of criteria on UN between ISLT and PISA instruments were not equal. However, ISLT was precisely used to improve the science literacy and Higher Order Thinking Skills of Indonesian students because it is able to provide items that applicable and conformable with the context of Indonesian student life

Item Type: Thesis (Doktor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Mikro Biologi
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 4061 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 14:08
Last Modified: 28 Aug 2020 14:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8667

Actions (login required)

View Item View Item