DEWI HANIIFAH, . (2020) PEMANFAATAN APLIKASI iPusnas SEBAGAI BENTUK LITERASI MEDIA (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Pendidikan IPS Tahun Angkatan 2016 - 2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (58kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALISTAS.pdf Download (48kB) |
|
Text
05 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (425kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (79kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (238kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text
13 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) | Request a copy |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan aplikasi iPusnas sebagai bentuk literasi media di kalangan mahasiswa dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan IPS tahun angkatan 2016-2018 yang menggunakan iPusnas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan subjek sebanyak 72 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfataan aplikasi iPusnas sebagai bentuk literasi media di kalangan mahasiswa Pendidikan IPS masuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 74%. Dengan perolehan kategori tinggi memperlihatkan bahwa sebagian besar mahasiswa Pendidikan IPS telah menerima dan memanfaatkan aplikasi iPusnas sebagai bentuk literasi media dengan baik. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini mahasiswa Pendidikan IPS memiliki tingkat ekspektasi kinerja dengan kategori sangat tinggi, ekspektasi usaha dengan kategori tinggi, pengaruh sosial dengan kategori sedang, teknik infrastruktur dan organisasional dengan kategori sedang, tingkat kepercayaan terhadap teknik infrastruktur dan organisasional dengan kategori sedang, technical skill dengan kategori sedang, critical understanding dengan kategori tinggi, dan communicative abilities dengan kategori tinggi. This study aims to determine the description of the use of the iPusnas application as a form of media literacy among students using descriptive methods. The study population was Social Sciences Education students for the year 2016-2018 who used iPusnas. Sampling was done by purposive sampling with a subject of 72 students. The results showed that the use of iPusnas application as a form of media literacy among students of Social Sciences Education was in the high category with a percentage of 74%. With the acquisition of high categories shows that the majority of IPS Education students have accepted and made use of the iPusnas application as a form of media literacy. Based on the results of this research analysis Social Studies students have very high performance expectations, business expectations with a high category, social influence in the medium category, infrastructure and organizational engineering in the medium category, a level of trust in infrastructure and organizational engineering in the medium category, technical skills with medium category, critical understanding with high category, and communicative abilities with high category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Martini, S.H., M.H ; 2). Saipiatuddin, S.Pd., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 4309 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 16:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 16:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8672 |
Actions (login required)
View Item |