DINDA AULIA SYAFIRA, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI DAN HIGIENE KECANTIKAN DI SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Learning berbantuan Edmodo terhadap hasil belajar Sanitasi dan Higiene Kecantikan di SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental yang diberikan perlakuan terhadap kedua kelompok kelas yang berbeda. Masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan metode sampel acak (random sampling). Kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Edmodo sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran Edmodo. Untuk mengukur kemampuan kognitif yaitu digunakan tes berupa pilihan ganda dan untuk kemampuan sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 4,088. Selanjutnya dicari nilai ttabel dari tabel distribusi t dengan taraf signifikansi 0,05 serta db = 20+20 -2=38 maka diperoleh ttabel = F(0,05)(38) = 2,024. Dengan demikian, diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,088 > 2,024 artinya ada pengaruh penggunaan e-learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar sanitasi dan higene kecantikan kompetensi dasar kosmetika perawatan badan. The Influence of the Use of Edmodo-Assisted E-learning Learning Media on Beauty Hygiene Learning Outcomes at SMK Negeri 27 Jakarta, Cosmetology Vocational Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University 2020. This study aims to determine the influence of the use of E-Learning Media with Edmodo assistance on learning outcomes of Sanitasi dan Higiene Kecantikan at SMK Negeri 27 Jakarta. This research was conducted from May to June 2020. The research methods used are experimental quasi given the treatment of both groups of different classes. Each class consists of 20 students. This sampling uses a random sampling method. Experimental classes use Edmodo's learning media while the control class does not use Edmodo's learning media. To measure the cognitive ability of a multiple-choice test is used and for attitude and skill skills in the form of an observation sheet. Data collection techniques using questions, observation sheets, and documentation. These research instruments include questions and observation sheets. Hypothesis testing Using T-Test. Based on the results of the calculation obtained Tcount value 4.088. The next searchable value of the distribution table T with significance level is 0.05 as well as db = 20 20-2 = 38 Then it is obtained this = F (0.05) (38) = 2.024.Thus, obtained the value Tcount > Ttabel or 4.088 > 2.024 meaning there is influence use of e-learning assisted Edmodo on the outcome of learning sanitation and higene beauty basic competence of cosmetic body care.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd ; 2). Dr. Dwi Atmanto, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 4569 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 15:07 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 15:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8725 |
Actions (login required)
View Item |