PROFIL KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERBUKA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR (Survei pada Siswa SMP Terbuka Kelas VIII di Wilayah Jakarta Timur)

ANNISA TRI LUTFIA, . (2015) PROFIL KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERBUKA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR (Survei pada Siswa SMP Terbuka Kelas VIII di Wilayah Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (563kB)
[img] Text
3. Lembar Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Annisa Tri Lutfia (1715101103).pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemandirian belajar siswa SMP Terbuka kelas VIII di Wilayah Jakarta Timur. Populasi penelitian berjumlah 736 siswa dengan menggunakan incidental sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 297 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kemandirian belajar yang merujuk pada teori Philip C. Candy. Uji coba instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir instrumen penelitian menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas 80 butir pernyataan dengan kriteria r-tabel yang digunakan sebesar 0,142 menghasilkan 71 butir pernyataan yang valid dan 9 butir dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan di dapatkan hasil 0,968 yang berarti bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi. Analisis dalam penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis mean dan standar deviasi untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa SMP Terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kemandirian belajar siswa SMP Terbuka berada pada kategori sedang. Berdasarkan data diketahui bahwa sebanyak 46 siswa (15,49%) berada pada kategori tinggi, 227 siswa (76,43%) berada pada kategori sedang dan 24 siswa (8,08%) berada pada kategori rendah. Sebagian besar siswa SMP Terbuka tengah menuju pada penguasaan kemandirian belajar yang tinggi akan tetapi belum menunjukkan konsistensi perilaku dalam menunjukkan indikator-indikator kemandirian belajar. Oleh karena itu, dapat diketahui masalah yang dialami oleh siswa dalam hal kemandirian belajar dan guru BK dapat memberikan layanan BK, seperti konseling individu, bimbingan klasikal, maupun bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Louise B. Siwabessy, M.Pd ; 2). Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:58
Last Modified: 30 Oct 2019 15:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item