IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN BRAILLE PADA SISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS DI PESANTREN ALQURAN TUNANETRA RAUDLATUN MAKFUFIN)

LIESKA HANDAYANI, . (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN BRAILLE PADA SISWA PENYANDANG TUNANETRA (STUDI KASUS DI PESANTREN ALQURAN TUNANETRA RAUDLATUN MAKFUFIN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-converted.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (3).pdf

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
الملخّص.pdf

Download (193kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terjadinya proses implementasi pembelajaran baca tulis Alquran pada siswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan mengambil latar di Pesantren Alquran Tunanetra Raudlatul Makfufin dimana itu yang menjadi tujuan utama pada pesantren tersebut dengan melahirkan dan membentuk siswa siswi yang pandai dan mencintai Alquran. Dan adapun metode penelitian yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi dari sumber data dengan subyek penelitian ialah kepala dan wakil kepala pesantren serta guru pengajar Alquran braille dan siswa jenjang sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi pembelajaran baca tulis Alquran memiliki kesamaan pembelajaran pada umumnya hanya saja memerlukan modifikasi khusus dengan menyesuaikan kondisi dan lingkungan siswa tersebut, kegiatan pembelajaran Alquran ini juga merupakan bentuk pembelajaran mutlak yang harus dimiliki kepada seluruh siswa beragama Islam tak terkecuali, mengingat Alquran merupakan pedoman umat Islam maka belajar mengajar Alquran menjadi suatu kewajiban serta bernilai ibadah bagi setiap individu atau manusia yang melakukannya termasuk juga bagi mereka penyandang disabilitas dengan keterbatasan fisiknya, sesuai dengan judul penelitian ini maka difokuskan pada penyandang tunanetra. Terkait dengan media utama dalam pembelajarannya berupa Alquran Braille, sehingga banyak dari kalangan tunanetra yang masih buta membaca Alquran. Sedangkan hambatan yang ditemukan peneliti ketika proses pembelajaran baca tulis Alquran braille pada siswa tunanetra itu berasal dari siswanya sendiri yaitu terdiri dari jenis ketunaannya dan daya tangkap siswa yang berbeda-beda serta kepekaan dalam perabaan jari jemarinya. Lalu upaya pendidik dalam menangani dan mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan terus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang pengajaran terbaik dalam penyampaian materi. Oleh karena itu, pada pembelajaran baca tulis Alquran braille siswa tunanetra memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Kata Kunci: Implementasi pembelajaran, Alquran Braille, Baca Tulis Alquran, tunanetra. *************************** Abstract This study aims to find out and look to describe and analyze the process of implementing the learning of reading and writing the Koran in blind students. This research uses a qualitative descriptive approach and takes place in the Alquran Pesantren of the Blind of Raudlatul Makfufin where that is the main goal in the pesantren by giving birth to and forming smart and loving students of the Qur'an. And as for the research methods used are field observations, interviews and documentation from data sources with research subjects are the head and deputy head of the pesantren as well as the braille Qur'an teacher and elementary school level students. Next, The results showed that, the implementation of learning to read and write the Koran has the same learning in general only requires special modifications to adjust the conditions and environment of these students, the Koran learning activities are also an absolute form of learning that must be possessed for all Muslim students, no exception, given the Koran is a guide for Muslims so learning to teach the Koran becomes an obligation and valuable worship for every individual or human who does so including those with disabilities with physical limitations, according to the title of this study it is focused on blind people. Related to the main media in learning in the form of the Braille Koran, so that many of the blind are still blind in reading the Koran. While the obstacles that were discovered by researchers when the process of learning to read and write the braille Koran on blind students came from their students which consisted of different types of disabilities and catching abilities of students as well as sensitivity in the touching of their fingers. Then the efforts of educators in handling and overcoming these problems is by continuing to try as much as possible to provide the best in the delivery of material. Therefore, in learning to read and write the braille Koran blind students have their own level of complexity. Keywords: Implementation of learning, Braille Alquran, Read Write Alquran, blind

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA ; 2). Dr. Amaliyah, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4768 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 13:14
Last Modified: 28 Aug 2020 13:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8934

Actions (login required)

View Item View Item