DAMPAK SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 103 JAKARTA

NURUL AZIZAH, . (2020) DAMPAK SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 103 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu inovasi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, yaitu diadakannya program Sistem Kredit Semester (SKS). Dimana peserta didik dapat menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih cepat dari yang biasanya, yakni selama dua tahun. Pemerintah pun telah membuat panduan umum untuk penyelenggaraan program ini. Beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia telah menerapkan program ini. Salah satunya adalah SMAN 103 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakta yang terjadi di sekolah yang menyelenggarakan Sistem kredit Semester (SKS) ini. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti akan menjabarkan fakta mengenai dampak Sistem Kredit Semester (SKS) dalam pembelajaran PAI yang ada di SMAN 103 Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam tahap pengumpulan data. Kemudian peneliti menganalisis hasil dari data-data yang terkumpul, dan mengambil kesimpulan dari hasil data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Kredit Semester (SKS) bertujuan untuk mewadahi peserta didik secara individu dan sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, serta kecepatan belajar peserta didik masing-masing. Dengan adanya Sistem Kredit Semester (SKS) ini juga berbanding lurus dengan materi yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun, yang terjadi di SMAN 103 Jakarta, penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 103 Jakarta kurang berjalan dengan baik dan lancar. Melihat banyak kelebihan yang dihadirkan dengan adanya program Sistem Kredit Semester (SKS) ini, tidak dapat dihindari pula kendala dan kekurangan yang dihadapi. SMAN 103 Jakarta sebagai sekolah yang baru menerapkan program ini pada tahun ajaran ini, mengalami banyak tantangan yang harus dihadapi. Penelitian ini menjabarkan kondisi nyata salah satu sekolah yang menyelenggarakan program ini di sekolahnya dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Serta adanya analisis SWOT yang melampirkan faktor kekuatan dan kelemahan dari dalam SMAN 103 Jakarta, juga faktor peluang dan tantangan dari luar sekolah. This research is motivated by one of the government's innovations in order to improve the quality of Indonesian education, namely the holding of the Semester Credit System (SKS) program. Where students can study in high school (SMA) faster than usual, which is for two years. The government has also made general guidelines for organizing this program. Several High Schools (SMA) in Indonesia have implemented this program. One of them is SMAN 103 Jakarta. This study aims to find out the facts that occur in schools that hold this Semester Credit System (SKS). As for this study using descriptive qualitative research, where researchers will describe the facts about the impact of Semester Credit System (SKS) in PAI learning in SMAN 103 Jakarta. In this study, researcher used the method of observation, interviews, and documentation in the data collection stage. Then researcher analyze the results of the data collected, and draw conclusions from the results of the data obtained. The results showed that the Semester Credit System (SKS) aims to accommodate individual students and in accordance with the interests, talents, abilities, and speed of learning of each student. With the Semester Credit System (SKS) it is also directly proportional to the material taught in Islamic Religious Education (PAI) learning. However, what happened at SMAN 103 Jakarta, the implementation of the Semester Credit System (SKS) at SMAN 103 Jakarta was not going well and smoothly. Seeing the many advantages presented by the existence of the Semester Credit System (SKS) program, it is also unavoidable that obstacles and shortcomings are faced. SMAN 103 Jakarta as a school that has just implemented this program in this school year, experiences many challenges that must be faced. This study describes the real conditions of one of the schools that hold this program in their schools in terms of planning, implementing, and evaluating learning. And there is a SWOT analysis that attaches strengths and weaknesses from inside SMAN 103 Jakarta, as well as opportunities and threats from outside school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, Lc, M.Si. ; 2). Dr. Amaliyah, M.Pd.I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4796 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2020 13:29
Last Modified: 29 Aug 2020 13:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item