AZAEMTA TARZIRAF, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL–BINAA BEKASI (STUDI DESKRIPTIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (896kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di Albina Islamic Boarding School Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Albina Islamic Boarding School yang berlokasi di daerah perbatasan Karawang-Bekasi. Penelitian dimulai dari April 2020 M hingga Juni 2020 M. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Albina Islamic Boarding School berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kurikulum, tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama dengan ditambah kurikulum pesantren modern. Adapun peserta didik terdiri dari anak laki-laki dan perempuan yang berusia 12-17 tahun dan dari domisili yang berbeda. Semua guru bahasa Arab adalah lulusan dari universitas dan pondok pesantren, yang telah memiliki pengalaman dalam belajar dan pembelajaran bahasa Arab dan juga sebagian pengajar terdapat penutur asing yang berasal dari negara-negara Arab yang tinggal bersama santri. Tujuan pembelajaran bahasa Arab Albina Islamic Boarding School adalah untuk mempersiapkan generasi Islam yang mencintai bahasa Arab, memahami Alquran dan hadist Nabi. Dan membantu peserta didik untuk belajar di sekolah dan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Adapun materi pembelajaran untuk bahasa Arab berasal dari buku Arabiyah baina yadaik, dan untuk pelajaran sintaksis dan morfologi, guru menggunakan buku Nahwu wadih dan buku Amtsilah Tashrifiyah. Dan buku-buku hadist dan Kisah digunakan dalam metode membaca. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode langsung, metode membaca, metode tata bahasa, metode ceramah dan terjemahan, dan metode audio lingual. Dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, buku paket, serta proyektor, lab bahasa untuk listening dan juga guru memiliki media tersendiri dalam mengajar. Sedangkan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab di Albina Islamic Boarding School berbentuk evaluasi tertulis dan evaluasi lisan untuk peserta didik tingkat akhir. Dan untuk kegiatan pembelajaran memiliki tiga kegiatan dasar, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. ****************** This study aims to obtain a clear description of learning Arabic in the Albina Islamic Boarding School Bekasi. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through field observations, interviews, and documentation. This research was conducted at the Albina Islamic Boarding School located in the Karawang-bekasi area. The study began from April 2020 to June 2020. The results of this study indicate that learning Arabic at the Albina Islamic Boarding School is going well and positively, both in terms of curriculum, objectives, material, activities and evaluation. The curriculum used is the curriculum of the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religion plus a modern pesantren curriculum. The students consisted of boys and girls aged 12-17 years and from different regions. All Arabic teachers are graduates from universities and Islamic boarding schools who have studied Arabic. The purpose of learning the Arabic Albina Islamic Boarding School is to prepare a generation of Muslims who love Arabic, understand the Qur'an and the traditions of the Prophet. And also to help students to learn in school and improve their language skills. The learning material for Arabic comes from having experience in learning and the book "Kitab Kuning", and for syntactic and morphological lessons, teachers use Jurumiyah, Kafrawi and Amtsilah Tashrifiyah books. And Fathul Qorib's book is used in the reading method. The methods used in learning Arabic are the direct method, the reading method, the grammar method, the lecture and translation method, and the oral audio method. The learning medias used are blackboards, textbooks, and projectors. Whereas evaluations in learning Arabic at the Albina Islamic Boarding School take the form of written evaluations and oral evaluations for final level students. And for learning activities have three basic activities, namely opening activities, core activities, and closing activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 4450 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 11:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 18:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9201 |
Actions (login required)
View Item |