HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PENGALAMAN PRAKERIN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XII TIPTL SMK NEGERI 4 JAKARTA

RAFID NURROCHMAN, . (2020) HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PENGALAMAN PRAKERIN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XII TIPTL SMK NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar; (2) hubungan antara pengalaman prakerin dengan prestasi belajar; (3) hubungan antara kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan pengalaman prakerin dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X, XI, dan XII TIPTL di SMK Negeri 4 Jakarta, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Pada penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan pengalaman prakerin, dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar. Uji prasyarat analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, kemudian data dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan Pearson Product Moment, uji-T dan uji-F. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% di peroleh nilai rhitung = 0,575 dan nilai rtabel = 0,244 dimana rhitung > rtabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar variabel, kemudian nilai Fhitung = 15,5489 dan Ftabel = 3,14 dimana Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwa terdapat signifikansi antar variabel dan nilai determinasi sebesar 0,33 yang menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas belajar dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 33% terhadap prestasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan pengalaman prakerin dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XII TIPTL SMKN 4 Jakarta. Kata kunci: Fasilitas, Pengalaman Prakerin, Prestasi Belajar The purpose of this study was to examine (1) the relationship between the completeness of home learning facilities and learning achievement; (2) the relationship between internship experience with learning achievement; (3) the relationship between the completeness of learning facilities at home and the internship experience with learning achievement. The population in this study were students of class X, XI, and XII TIPTL at SMK Negeri 4 Jakarta, while the sample used was a purposive sample. This study is using the ex post facto method. Data collection using a questionnaire for the completeness of variables at home learning facilities and industrial experience, and documentation for learning achievement variables. The prerequisite test analysis in this study used the normality test and linearity test, then the data were analyzed using the hypothesis test with Pearson Product Moment, T-test and F-test. The calculation results show that the hypothesis test with a significant level of 5% is obtained rcount = 0.575 and rtable value = 0.244 where rcount > rtable indicates that there is a relationship between variables, then the value of Fcount = 15,5489 and Ftable = 3.14 where Fcount > Ftable indicates that there is significance between variables and the value of determination of 0.33 which shows that the completeness of home learning facilities and internship experience has an influence of 33% on learning achievement. So it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the completeness of learning facilities and internship experience with the learning achievement of productive subjects in class XII TIPTL SMK 4 Jakarta. Keywords: Facilities, Experience Industrial, Learning Achievements

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Drs. Purwanto Gendroyono, MT.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 5282 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:39
Last Modified: 31 Aug 2020 12:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item