ZAKKY AULIARAHMAN, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan variabel bebas terhadap variabel terikat. Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian ini, yaitu metode pembelajaran dan koordinasi. Sebagai variabel terikat adalah hasil belajar gerak dasar manipulatif Siswa kelas II SDN Semper Barat 11 Jakarta. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Siswa kelas II SDN Semper Barat 11 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya ditetapkan pada siswa kelas II yang berjumlah 96 orang. Dari ke 96 orang siswa diukur tingkat koordinasi mata tangannya dengan didasarkan pada pendapat Ferducci. Dari hasil tes tersebut diurut peringkatnya kemudian diambil 27% dari atas sebagai kelompok yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan 27% dari bawah sebagai kelompok yang memiliki koordinasi mata tangan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Penelitian Rancangan Treatment By Level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan 1. Secara Keseluruhan Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Antara Metode Pembelajaran Bermain Dan Metode Pembelajaran Konvensional (Ft) = 2.798061 ternyata lebih besar daripada F tabel, yaitu sebesar 4,04 (Fo = 4.229885> Ft = 2.798061). 2. Terdapat Interaksi Antara Metode Pembelajaran Dan Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif sebesar 10.462 dan metode konvensional sebesar 7.231 sedangkan kelompok kordinasi rendah dengan metode bermain adalah sebesar 6.692 dan dengan metode konvensional sebesar 8.077. 3. Terdapat Perbedaan Bagi Siswa Yang Memiliki Koordinasi Tinggi Antara Metode Pembelajaran Bermain Dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Fhitung = 6.823289533 dan Ftabel = 4.30095. 4. Terdapat Perbedan Bagi Siswa Yang Memiliki Koordinasi Rendah Antara Metode Pembelajaran Bermain Dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Fhitung = 2.184707051 dan Ftabel = 4.30095
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd ; Prof. Dr. Widiastuti, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Users 5173 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 15:40 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 15:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9506 |
Actions (login required)
View Item |