PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA TENAGA KEPENDIDIKAN UNJ

ANNISA CLAUDIA, . (2020) PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA TENAGA KEPENDIDIKAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh stres kerja terhadap kinerja yang dimoderasi oleh dukungan sosial pada tenaga kependidikan PNS di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini membutuhkan waktu selama enam bulan, terhitung dari bulan Februari 2020 sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode suvey. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 343 pegawai. Berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 177 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dimana tiap unsur yang membentuk populasi diberi kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan data sekunder nilai kinerja trisemester (April – Juni) untuk variabel kinerja dan data primer untuk variabel stres kerja dan dukungan sosial dengan menggunakan kuesioner penelitian pengukuran skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Kedua, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Ketiga, uji regresi berganda. Keempat, uji hipotesis yang meliputi uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil uji F menghasilkan F hitung 122,624 > F tabel 3,05, hal ini berarti stres kerja dan dukungan sosial secara serentak memiliki pengaruh terhadap kinerja. Uji t antara X dan Y menghasilkan t hitung -9,635 < t tabel -1,973, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara stres kerja terhadap kinerja. Selanjutnya uji t antara M terhadap Y menghasilkan t hitung 4,757 > t tabel 1,973, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial terhadap kinerja. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Ỷ = 99,074 – 0,265X + 0,233M + 0,007XM. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,531, yaitu pengaruh stres kerja terhadap kinerja yang diperlemah oleh adanya dukungan sosial sebagai variabel moderasi sebesar 53,1% sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. This study aims to determine whether there is an influence of work stress on performance moderated by social support in education personnel at Jakarta State University. This research takes six months, starting from February 2020 to July 2020. This research was conducted using the survey method. Affordable population in this study amounted to 343 employees. Based on Isaac and Michael's table, the number of samples in this study were 177 respondents. The technique of selecting respondents using simple random sampling technique, that’s sampling where each element that forms a population is given the same opportunity to be selected as a sample. For data processing, researchers used secondary data on the performance value of the trimester (April-June) for performance variables and primary data for work stress and social support variables using a likert scale research questionnaire. The data analysis technique used is the first analysis requirements test consisting of a normality test and a linearity test. Second, the classic assumption test which consists of multicollinearity and heteroscedasticity tests. Third, the multiple regression test. Fourth, hypothesis testing which includes t test, F test and coefficient of determination test. F test results, F count 122.624 > F table 3.05, this means that work stress and social support simultaneously have an influence on performance. T test between X and Y has t count -9,635< t table -1,973, it can be concluded that there is a negative and significant effect between work stress on performance. Furthermore, the t test between M on Y has t count 4.757 > t table 1.973, it can be concluded that there is a positive and significant effect between social support on performance. Based on the results of data analysis, multiple regression equations are obtained, namely Ỷ = 99.074 - 0.265X + 0.233M + 0.007XM. The coefficient of determination test (R2) of 0.531, the effect of work stress on performance weakened by the presence of social support as a moderating variable by 53.1% the remaining 46.9% is influenced by other factors not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, SE., M.Bus., Mgt; 2). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Pendidikan
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5530 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:13
Last Modified: 07 Sep 2020 11:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item