STRATEGI PEMEROLEHAN BAHASA AWAL UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI KELAS INTERVENSI DINI SLB/B PANGUDI LUHUR (Studi Kualitatif Deskriptif)

MUHAMAD TANZI, . (2020) STRATEGI PEMEROLEHAN BAHASA AWAL UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI KELAS INTERVENSI DINI SLB/B PANGUDI LUHUR (Studi Kualitatif Deskriptif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerolehan bahasa awal pada kelas intervensi dini dengan mendeskripsikan teknik, taktik dan penggunaan media pada guru kelas intervensi dini SLB/B Pangudi Luhur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan guru pembina kelas intervensi awal SLB/B Pangudi Luhur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam teknik secara umum guru membangun keceriaan terlebih dahulu, kemudian melakukan keterarahwajahan. Dalam pengembangan bahasa, guru mengadopsi gaya ibu saat mengajarkan anaknya berbahasa di rumah. Guru membiarkan ide/gagasan yang diekspresikan peserta didik mengalir, menangkap dan membahasakan ide/gagasan yang telah diekspresikan peserta didik. Setelah itu guru melakukan pengolahan menggunakan balon percakapan. Guru melatih mendengar dan wicara dimulai dengan demonstrasi. Taktik guru tegas, konsisten, memberikan pengulangan instruksi, gurauan, reward dan punishment, menstimulus rasa ingin tahu, dan bermain peran. Media yang digunakan untuk pengembangan bahasa menggunakan benda yang berbeda setiap harinya. Dalam latihan mendengar menggunakan media elektronik berupa kaset, speaker, kaset/CD dan lagu anak. Sedangkan dalam latihan wicara guru menggunakan media saat berlatih pernafasan yaitu menggunakan tisu, sedotan dan benda yang mudah digerakkan dan dalam latihan terarah menggunakan mainan seperti mobil-mobilan. Strategi pemerolehan bahasa anak tunarungu melalui pengembangan bahasa, latihan mendengar dan berbicara. Untuk pengembangan bahasa pada kelas intervensi dini, SLB/B Pangudi Luhur memilih Metode Reflektif Ibu (MMR). Kata Kunci: Strategi Pemerolehan Bahasa Awal, Tunarungu, Intervensi Dini This research aims to acknowledge the early language acquisition strategy in early intervention classes by describing techniques, tactics, and media. The method I used in this research is descriptive method with qualitative approach.This research's source data is teachers and teacher counselors of the early intervention class SLB/B Pangudi Luhur. The data collection method I used was the interview and documentation. The results of this research indicated that the teacher first built joy in general technique and then had face directability. In language development, teachers adapted to the mother's style at home when teaching their children how to speak. The teacher allowed the students to express their ideas and let it flow, catch on, and address their ideas. Then the teacher processed the ideas into conversation bubbles. During listening and speaking practice, it began with a demonstration. The teacher's tactics were assertive, consistent, provide repetition of instructions, jokes, rewards and punishments, stimulate curiosity, and role-playing. The media used for language development were different each day. During listening practice, the teacher used electronic media in the form of tapes, speakers, cassettes/CDs, and children's songs. In speech practice, the teacher used several types of media when practicing breathing, namely using tissues, straws, and objects that are easy to move, while practicing face directability used toys such as cars. The language acquisition strategies for children with hearing impairment are language development, listening, and speaking exercises. SLB/B Pangudi Luhur chooses the Maternal Reflective Method (MMR) for the language development of the early intervention class . Keywords: Early Language Acquisition Strategy, Deaf, Early Intervention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. ; 2). Dr. WUryani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 5443 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:50
Last Modified: 03 Sep 2020 11:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item View Item