STRATEGI PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF

SUCI YUNIAR, . (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran motorik kasar pada peserta didik dengan autisme di SDIT Al-Kahfi, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, sekolah melakukan proses identifikasi dan asesmen akademik maupun non akademik pada peserta didik dengan autisme. Pada proses pelaksanaan, strategi yang diterapkan adalah strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) dan strategi kooperatif. Metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi dan metode drill. Pendekatan yang digunakan pendekatan yang berpusat pada guru atau pendidik. Materi pembelajaran disamakan dengan peserta didik reguler, namun tingkat pencapaiannya berbeda. Evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah evaluasi proses dan hasil, menggunakan teknik tes dan nontes. Setelah tiga bulan pembelajaran, akan dibuat laporan perkembangan peserta didik dengan autisme. Oleh sebab itu, guru perlu konsisten dalam memberikan pelayanan bagi peserta didik dengan autisme khususnya pada aspek kemampuan motorik kasar. This study aims to gather information and describe how strategy of gross motor learning for students with autism at SDIT Al-Kahfi, East Jakarta. This study used a qualitative approach with descriptive method. Data were collected using interview and documentation which analyzed using Miles and Huberman models, namely data reduction, data display and conclusion drawing. The results showed that at the planning stage, the school carried out a process of identifying and assesing academic and non-academic for students with autism. In the implementation process, the strategy applied in gross motor learning is PAIKEM strategy (Active Innovative Creative Efektive and Fun Learning) and kooperative strategy. The methods used is the demonstration and drill. The approach used is a teacher centered approach. Learning materials is equated with regular students, but the level of achievement is different. Teacher conducts evaluation process and results, using test and nontest techniques. After three months of learning, a report on the progress of students with autism will be made. Therefore, teacher need to be consistent in providing services for students with autism, especially in the aspect of gross motor skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 5493 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 15:28
Last Modified: 03 Sep 2020 15:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9660

Actions (login required)

View Item View Item