PUTI ZULHARBY, . (2020) MODEL BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KONTEKSTUAL (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa model bahan ajar untuk keterampilan berbicara bahasa Arab kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, menggabungkan model Dick and Carey, Jolly and Bolitho dan Dat Bao. Adapun langkah penelitian yang dilakukan adalah 1) analisis kebutuhan terhadap 97 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, analisis situasi terhadap dosen pengampu dan Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan analisis dokumen silabus, rencana pembelajaran semester dan bahan ajar; 2) pengembangan bahan ajar; dan 3) Uji Efektivitas yaitu uji persepsi dosen dan mahasiswa, uji pakar, uji coba produk, dan uji keterbacaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar yang saat ini digunakan belum dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, sementara model bahan ajar yang dikembangkan dengan prinsip kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Data pretest diperoleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 52, sementara data posttest diperoleh nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 66. Peningkatan yang signifikan berdasarkan pengujian Paired T-Test diperoleh nilai signifikansi adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil pretest dan posttes mengalami perubahan yang signifikan, yang artinya model bahan ajar untuk keterampilan berbicara bahasa Arab kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab untuk mahasiswa semester pertama.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. 2. Dr. Nuruddin, M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 5293 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2020 16:12 |
Last Modified: | 05 Sep 2020 16:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9899 |
Actions (login required)
View Item |