PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 09 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN

Achmad Faisal Puarada, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 09 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Cover 2.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PANITIA UJIAN SIDANG SKRIPSI KARYA INOVATIF.pdf

Download (87kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas III melalui kegiatan bernyanyi di SDN Guntur 09 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan. Jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini yaitu kemampuan membaca notasi musik yang meliputi aspek irama, melodi, ekspresi dan pengkalimatan. Pada siklus I belum terlihat kemampuan dalam membaca notasi,ndikator yang diharapkan pada penelitian ini diharapkan pada penelitian ini belum tercapai. Persentase kemampuan membaca notasi musik siswa pada siklus I 80%. Dengan digunakannya kegiatan bernyanyi, pada siklus II siswa meningkatkan kemampuan membaca notasi musik dengan hasil yang dicapai 95%. Peningkatan yang terjadi dalam peningkatan membaca notasi musik siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bernyanyi dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam membaca notasi musik pada siswa kelas III SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.,; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Membaca Notasi musik, kegiatan bernyanyi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2019 14:21
Last Modified: 03 Oct 2019 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item