Achmad Faisal Puarada, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI MUSIK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS III SDN GUNTUR 09 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (84kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (900kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
Cover 2.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PANITIA UJIAN SIDANG SKRIPSI KARYA INOVATIF.pdf Download (87kB) |
|
Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf Download (88kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas III melalui kegiatan bernyanyi di SDN Guntur 09 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan. Jumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar untuk membuat perencanaan siklus berikutnya. Indikator yang diukur pada penelitian ini yaitu kemampuan membaca notasi musik yang meliputi aspek irama, melodi, ekspresi dan pengkalimatan. Pada siklus I belum terlihat kemampuan dalam membaca notasi,ndikator yang diharapkan pada penelitian ini diharapkan pada penelitian ini belum tercapai. Persentase kemampuan membaca notasi musik siswa pada siklus I 80%. Dengan digunakannya kegiatan bernyanyi, pada siklus II siswa meningkatkan kemampuan membaca notasi musik dengan hasil yang dicapai 95%. Peningkatan yang terjadi dalam peningkatan membaca notasi musik siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bernyanyi dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam membaca notasi musik pada siswa kelas III SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.,; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Membaca Notasi musik, kegiatan bernyanyi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 14:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 14:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/102 |
Actions (login required)
View Item |