PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung IX UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Utara)

HESTI AMBAR ARUM, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INQUIRY TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung IX UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Sidang Skripsi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. Abstract.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. Kata Pengantar.pdf

Download (123kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (124kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
26. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inquiry pada siswa kelas IV SD. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Teluk Pucung IX UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Utara sebanyak 27 orang. Model yang digunakan adalah metode tindakan penelitian kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan McTaggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan guru dan siswa serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry dapat dijadikan salah satu metode untuk peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus I, siswa yang mendapat nilai melebihi KKM sebanyak 62,96%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 92,59%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I adalah sebesar 85% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Teluk Pucung IX UPTD Pembinaan SD Kecamatan Bekasi Utara menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 14:52
Last Modified: 06 Nov 2019 14:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item