PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat)

IKA WAHYU NUARI, . (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penggunaan model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas IV di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD adalah suatu cara pembelajaran dimana di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kecil terdiri dari 4-6 orang secara heterogen yang terdiri dari berbeda jenis kelamin, agama maupun ras atau suku bangsa untuk melakukan diskusi. Adapun hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Pada Siklus I hasil belajar siswa mendapatkan 62,50%, kemudian pada Siklus II mencapai 87,50%. Adapun untuk lembar hasil pemantau tindakan aktivitas guru mendapatkan persentase rata-rata 73,33% dan aktivitas siswa 68,33% pada siklus I, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru mencapai 86,67% dan aktivitas siswa mendapatkan persentase 88,33%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV tentang materi kenampakan alam dan keragaman sosial-budaya di SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Hartanti, M. A., ; 2). Dra. Edwita, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 10:35
Last Modified: 07 Nov 2019 10:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item