MARISA PRETTY, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SETIABUDI 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (595kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (130kB) |
|
Text
CATATAN LAPANGAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
INSTRUMEN PEMANTAUAN TINDAKAN.pdf Download (231kB) |
|
Text
HASIL BELAJAR.pdf Download (241kB) |
|
Text
Lembar Evaluasi.pdf Download (126kB) |
|
Text
RPP.pdf Download (659kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode active learning di kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 62,06% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena karena ketuntasan belajarnya masih di bawah masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 89,65% dengan itu dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang melebihi KKM. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 80% meningkat pada siklus II yaitu 95%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 65% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode active learning bahwa dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode active learning, siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A., ; 2). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 10:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 10:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1343 |
Actions (login required)
View Item |