UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SETIABUDI 01 PAGI

MARISA PRETTY, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SETIABUDI 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (130kB)
[img] Text
CATATAN LAPANGAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
INSTRUMEN PEMANTAUAN TINDAKAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
HASIL BELAJAR.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lembar Evaluasi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
RPP.pdf

Download (659kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode active learning di kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 62,06% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena karena ketuntasan belajarnya masih di bawah masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 89,65% dengan itu dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang melebihi KKM. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 80% meningkat pada siklus II yaitu 95%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 65% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode active learning bahwa dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode active learning, siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A., ; 2). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2019 10:17
Last Modified: 11 Nov 2019 10:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item