PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA BERBASIS APLIKASI KAHOOT! KELAS VII SMP

NITA FAJRINAH, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA BERBASIS APLIKASI KAHOOT! KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nita Fajrinah, 2020. Pengembangan Bahan Ajar Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Berbasis Aplikasi Kahoot! Kelas VII SMP Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kefektifan bahan ajar yang telah digunakan di sekolah dan untuk menyempurnakan bahan ajar yang telah ada dan dipakai menjadi lebih inovatif. Fokus penelitian adalah berfokus pada pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi siswa berbasis aplikasi Kahoot!. penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot! yang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran berbasis podcast ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Populasi penelitian ialah siswa SMP kelas VII sejumlah 20 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar teks laporan hasil observasi menggunakan media berbasis aplikasi Kahoot! yang dikembangkan telah berhasil dikembangkan. Kemudian, kualitas aplikasi Kahoot! berkategori Sangat Baik berdasarkan rata-rata penilaian validator, yaitu 80% untuk ahli materi, 89% untuk ahli media, dan penilaian dari dua guru bahasa Indonesia 92,42% dan 80,42%. Selain itu penilaian respons siswa pada uji coba sangat baik dengan 80,21%. Keterbatasan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot! ini adalah diperlukannya media pembelajaran lain untuk menunjang materi pembelajaran yang disampaikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar teks laporan hasil observasi menggunakan media berbasis aplikasi Kahoot! layak digunakan pada pembelajaran. Kata Kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, Bahan Ajar, Aplikasi Kahoot!

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2) Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 9493 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 05:19
Last Modified: 08 Jul 2022 02:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item