MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS

TUSRIYANTO, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)
[img] Text
1. COVER, dll-.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
4. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbeda dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya tentang implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing menjadikan lebih baik berbagai kemampuan maupun ketrampilan (hasil belajar, kinerja, minat, penguasaan konsep, ketrampilan proses, sikap ilmiah, kemampuan analisis peserta didik baik ditingkat dasar sampai menengah. Penelitian ini merupakan action research mengadopsi model McKernan (1996) yang mempraktikkan model pembelajaran keterampilan berpikir kritis dengan inkuiri terbimbing berbasis literasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas V SDN 06 Metro Utara. Keterampilan berpikir kritis harus ditanamkan sejak dini untuk membekali peserta didik agar dapat mengatasi berbagai permasalahan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah mendesain model pembelajaran keterampilan berpikir kritis dengan inkuiri terbimbing berbasis literasi pada mata pelajaran IPS serta mengimplementasikan model pembelajaran keterampilan berpikir kritis dengan inkuiri terbimbing berbasis literasi pada mata pelajaran IPS di SDN 06 Metro Utara. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik indikatornya meliputi memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat inferensi, memberikan penjelasan lanjut, mengatur stategi dan taktik yang dihitung melalui tes rata-rata setiap siklusnya yang mendapatkan hasil baik siklus I (4,35%), siklus II (69,57%) dan siklus III (91,30%). Sedangkan, implementasi model pembelajaran berpikir kritis dengan inkuiri terbimbing berbasis literasi terdiri dari kegiatan menyajikan masalah/pertanyaan, verifikasi data, melakukan eksperimen, mengorganisasi data, menganalisisi hasil dan melakukan tindakan rata-rata hasil observasi siklus I (3,10) dan siklus II (3,30) kategori baik, dan siklus III (3,70) kategori sangat baik. In contrast to some previous research on the implementation of guided inquiry learning makes better a variety of abilities and skills (learning outcomes, performance, interests, mastery of concepts, process skills, scientific attitudes, and analytical skills of learners both at the elementary to intermediate levels. This research is an action research adopted from McKernan’s model (1996) which practices critical thinking skills learning model with literacy-based guided inquiry to improve the critical thinking skills of students in grade V SDN 06 Metro Utara. Critical thinking skills must be instilled early on to equip learners to overcome various problems in their lives. The purpose of this research was to design a critical thinking skills learning model with literacy-based inquiry in social studies subject and implement a critical thinking skills learning model with a literacy-based inquiry based on social science subjects at SDN 06 Metro Utara. The data collection tools used in the research were interviews, observations, tests, and documentation. The results show the improvement of students' critical thinking skills include providing simple explanations, building basic skills, making inferences, providing further explanations, regulating strategy and tactics calculated through the average test each cycle that gets good results in cycle I (4.35%), cycle II (69.57%) cycle III (91.30%). Meanwhile, implementation of critical thinking learning model with literacy-based guided inquiry consists of presenting problems/questions, verifying data, conducting experiments, organizing data, analyzing results and performing average actions of observation results of cycle I (3.10) and cycle II (3.30) good categories, and cycle III (3.70) categories very well. Model pembelajaran keterampilan berpikir kritis dengan inkuiri terbimbing berbasis literasi merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif untuk menyampaikan pendapat, menggali informasi dari berbagai bahan bacaan/hasil pengamatan (literasi), merespon pertanyaan/jawaban dalam kegiatan diskusi kelompok, mengorganisasi data, membuat inferensi, serta membuat satu keputusan sehingga keterampilan berpikir kritis terbangun dengan baik. Hasil penelitian ini dijadikan panduan bagi guru sebagai salah satu model yang secara efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui kegiatan belajar aktif (active learning), menghubungkan belajar dengan dunia mereka, kegiatan interaksi (salah satu prinsip pembelajaran IPS di SD), memberikan materi yang aktual, memposisikan pendidik sebagai fasilitator, dan menyenangkan. Critical thinking skills learning model with literacy-based guided inquiry is a learning that involves active learners to express opinions, dig information from various reading materials/observation results (literacy), respond to questions/answers in group discussion activities, organize data, make inferences, and make one decision so that critical thinking skills are well developed. The results of this study serve as a guide for teachers as one of the models that effectively improve critical thinking skills through active learning activities, connect learning with their world, interaction activities (one of the principles of social studies learning in elementary school), provide actual materials, position educators as facilitators, and fun.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. M . Japar, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 8819 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2021 04:20
Last Modified: 26 Mar 2021 04:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item