PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL BERUPA PEMECAHAN MASALAH DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

RENDY TEGUH PRAMUDYA. S, . (2015) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL BERUPA PEMECAHAN MASALAH DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I RENDY TEGUH PRAMUDYA PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II RENDY TEGUH PRAMUDYA PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB III RENDY TEGUH PRAMUDYA PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV RENDY TEGUH PRAMUDYA PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RENDY TEGUH PRAMUDYA PEMECAHAN MASALAH.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN (i-xv).pdf

Download (448kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (46kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Jurnal Rendy Teguh Pramudya Suharno.pdf

Download (300kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Berupa Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Pembelajaran tematik Pada Siswa Kelas III SDN 09 Rawamangun Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN 09 Rawamangun Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu pada siklus I adalah 62%, dan siklus II 81%. Adapun skor rata-rata kecerdasan interpersonal siswa berupa pemecahan masalah pada siklus I adalah 63% dan siklus II 92,6% dari target presentase keberhasilan ≥80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai 80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa berupa pemecahan masalah kelas III SDN 09 Rawamangun Pagi Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui pembelajaran tematik pada pembelajaran PKn. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran tematik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa yaitu berupa pemecahan masalah di kelas III SDN 09 Pagi Rawamangun Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd., ; 2). Dra. Evita Adnan M.PSi.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 14:46
Last Modified: 15 Nov 2019 14:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item