Rukman Irsyad, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER” (Penelitian Tindakan Kelas IV di SDN Rangkapan Jaya Baru Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. JUDUL SAMPAI DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) |
|
Text
2. BAB 1 2 3.pdf Download (849kB) |
|
Text
3. BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB 5.pdf Download (191kB) |
|
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
6. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
JURNAL RUKMAN IRSYAD PGSD FIP UNJ.pdf Download (169kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi, khususnya pada aspek kognitif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe “giving question and getting answer” pada siswa kelas IV SDN Rangkapan Jaya Baru, Depok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar di atas ≥70 sebesar 69,56 %. Namun, hasil tersebut belum memenuhi target penelitian tindakan sebesar 90 %.Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar ≥70 meningkat menjadi 93,47 %. Dikarenakan data hasil belajar pada pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe “giving question and getting answer” yang digunakan pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa tetang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Rangkapan Jaya Baru, Depok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Arifin Maksum, M. Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 10:51 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 10:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1609 |
Actions (login required)
View Item |