MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM IPS DI KELAS V SDN CIRACAS 11 PAGI JAKARTA TIMUR

AKESTA MANUSAKERTI TRI RAMDHANI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM IPS DI KELAS V SDN CIRACAS 11 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (498kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here di kelas VA SDN Ciracas 11 Pagi Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini tes kemampuan berpikir kritis siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pada siklus I, mencapai nilai sebanyak 83,75% untuk aktivitas guru dan 82,5% untuk aktivitas siswa dari 85% kriteria keberhasilan, kemudian meningkat pada siklus II, untuk aktivitas guru meningkat sebesar 8,75% yaitu menjadi 92,5% dan aktivitas siswa meningkat sebesar 6,25% yaitu menjadi 88,75 %. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis siswa, pada siklus I mencapai 63,3% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4%, yaitu 86,7% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Hasil penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena memenuhi target indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat dengan menggunakan model Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:06
Last Modified: 30 Apr 2021 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16110

Actions (login required)

View Item View Item