AKESTA MANUSAKERTI TRI RAMDHANI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM IPS DI KELAS V SDN CIRACAS 11 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (498kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (97kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here di kelas VA SDN Ciracas 11 Pagi Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini tes kemampuan berpikir kritis siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pada siklus I, mencapai nilai sebanyak 83,75% untuk aktivitas guru dan 82,5% untuk aktivitas siswa dari 85% kriteria keberhasilan, kemudian meningkat pada siklus II, untuk aktivitas guru meningkat sebesar 8,75% yaitu menjadi 92,5% dan aktivitas siswa meningkat sebesar 6,25% yaitu menjadi 88,75 %. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis siswa, pada siklus I mencapai 63,3% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4%, yaitu 86,7% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Hasil penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena memenuhi target indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat dengan menggunakan model Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 07:06 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 07:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16110 |
Actions (login required)
View Item |