PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN) TERHADAP BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT, JAKARTA PUSAT

Suci Wulandari, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN) TERHADAP BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (350kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
11b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
11c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
11d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
11e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui data empiris tentang ada tidaknya pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap berpikir kritis IPA siswa kelas V SD di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 15 Pagi. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Posttest Control Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak dengan cara pengundian, sehingga terpilihlah SDN Cempaka Putih Barat 15 Pagi dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan ukuran sampel sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,262 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah sebesar 2,012. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (2,262 > 2,012), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hasil ini menunjukkan model pembelajaran POE (Predict�Observe-Explain) dapat memberi pengaruh terhadap berpikir kritis IPA siswa kelas V SD. Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengembangkan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR. Supriatna, M. Pd ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:22
Last Modified: 21 Jun 2021 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16273

Actions (login required)

View Item View Item