Suci Wulandari, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN) TERHADAP BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH BARAT, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (196kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (413kB) |
|
Text
04. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (350kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
11a. BAB 1.pdf Download (158kB) |
|
Text
11b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
11c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
11d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text
11e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui data empiris tentang ada tidaknya pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap berpikir kritis IPA siswa kelas V SD di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 15 Pagi. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Posttest Control Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel dengan memilih salah satu atau beberapa kelompok secara acak dengan cara pengundian, sehingga terpilihlah SDN Cempaka Putih Barat 15 Pagi dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan ukuran sampel sebanyak 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,262 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah sebesar 2,012. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (2,262 > 2,012), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hasil ini menunjukkan model pembelajaran POE (Predict�Observe-Explain) dapat memberi pengaruh terhadap berpikir kritis IPA siswa kelas V SD. Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengembangkan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. AR. Supriatna, M. Pd ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 07:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 07:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16273 |
Actions (login required)
View Item |