SADATUS SYIFA AT-TAQNIYAH, . (2019) KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN MENARI (Deskriptif Kualitatif di TK Patra II Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. Scan lembar pengesahan skripsi.pdf Download (356kB) |
|
Text
3. Abstrak & Abstract.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (289kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (451kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keterampilan lokomotor dan non lokomotor anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di Sekolah TK Patra II Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif sehingga menjabarkan fenomena keterampilan lokomotor dan non lokomotor anak dalam kegiatan menari yang dilaksanakan di TK Patra II Jakarta Pusat. Pada penelitian ini, data diambil berdasarkan purposive sampling dan snowball sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pemeriksaan data yang dilakukan meliputi perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan lokomotor dan non lokomotor pada anak usia 5-6 tahun muncul secara variatif dalam kegiatan menari. Guru melakukan tahap perencanaan yang berupa menyiapkan konsep musik, lalu merancang gerakan�gerakan dan dipraktekkan ke anak. Proses kegiatan menari dilakukan dalam 3 tahap/sesi, yaitu sesi pemanasan, inti, dan pendinginan. Selain itu, kegiatan menari merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan dijadikan sebagai kegiatan untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan menari adalah stimulasi untuk mengembangkan keterampilan lokomotor dan non lokomotor yang bersifat menyenangkan. Oleh karena itu sekolah berperan menyediakan kegiatan yang bersifat menyenangkan dalam pengembangan motorik kasar anak, bukan melalui kegiatan yang bersifat monoton.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indah Juniasih, S.Pd., M.Pd ; 2). Nurjannah, S.P., M.Pd |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 07:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 07:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16325 |
Actions (login required)
View Item |